Bengkulu-Komando Resor Militer (Korem )041 Garuda Emas menggelar bakti sosial pelayanan KB dengan melayani 1.313 akseptor.

Kegiatan dalam rangkaian penataran keliling program KB bagi TNI jajaran Korem 041 Garuda Emas yang digelar sejak Maret-April 2015 itu, dilaksanakan di sejumlah Kodim jajaran Korem 041 Garuda Emas (Gamas).

Kepala Bidang Pelatihan dan Pengembangan (Latbang) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu Bhaitul Masyita mengatakan aplikasi lapangan dari tarling KB bagi Babinsa di daerah itu, TNI menyumbangkan peserta KB sebanyak seribu orang lebih dengan beberapa metode kontrasepsi.

Peserta sebanyak itu terdapat pelayanan bhaktisosial di Kota Bengkulu sebanyak 45 akseptor, Seluma 146 peserta, Rejanglebong 77 peserta dan aplikasi di Kabupaten Bengkulu Utara terdapat peserta pelayanan KB sebanyak 152 orang, dan baksos yang dilaksanakan di Kabupaten Bengkulu Selatan sebanyak 893 peserta.

Ia menambahkan, hasil pelayanan pada kegiatan tersebut terdapat peserta dengan menggunakan metode jangka panjang seperti implant mencapai 190 orang, Intera Uterine Device (IUD) 21 akseptor, medis operatif wanita (MOW) sebanyak tujuh orang dan medis operatif pria (MOP) 13 akseptor.

Masyita menjelaskan, melihat hasil pelayanan itu masih diperlukannya strategi dalam KIE untuk meningkatkan minat pasangan subur agar menggunakan kontrasepsi jangka panjang, karena dengan itu akan menekan angka kegagalan dan unmeed neet.

Melalui dukungan unsur TNI yakni Babinsa dapat mengatasi beberapa permasalahan program KKBPK di tiap tingkatan masyarakat, khususnya masyarakat diperdesaan yang dirasakan sulit untuk mendapat akses pelayanan beberapa program nasional. (rs)

Pewarta:

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015