Bengkulu (Antara) - Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah memantau pelaksanaan ujian nasional (UN) hari ke dua di sejumlah sekolah di wilayah Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu.

"Ujian nasional di Kabupaten Seluma berjalan lancar, tidak ada hambatan," kata Gubernur ketika dihubungi dari Bengkulu, Selasa.

Dua sekolah yang didatangi Gubernur Junaidi di daerah berjarak sekitar 20 kilometer dari Kota Bengkulu itu yakni SMA Negeri 1 Seluma dan SMK Negeri 1 Lubuk Kebur, Seluma.

Gubernur mengatakan secara umum ujian berjalan dengan baik dan semua persiapan yang dilakukan panitia sudah baik.

Pada hari pertama Senin (13/4) Gubernur Junaidi Hamsyah memantau langsung pelaksanaan UN di tiga sekolah di Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu.

Tiga sekolah yang dipantau Gubernur yakni SMA Negeri Kecamatan Pondok Kelapa, SMA Negeri Kecamatan Taba Penanjung dan SMA Negeri Kecamatan Talang Empat.

Inspeksi mendadak yang dilakukan Gubernur Bengkulu itu cukup mengejutkan bagi pihak sekolah, sebab tidak ada pemberitahuan sebelumnya kepada pihak sekolah tentang kedatangan Gubernur.

"Memang sengaja tanpa pemberitahuan, karena kita mau melihat bagaimana kesiapan dan penyelenggaraan ujian di sekolah itu," kata Gubernur.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu Atisar Sulaiman menyebut jumlah peserta UN di daerah itu sebanyak 23.084 orang dengan rincian sebanyak 15.934 orang SMA/MA dan sebanyak 7.150 orang pelajar SMK.

"Sampai saat ini pelaksanaan UN berjalan lancar dan belum ada laporan menyeluruh tentang jumlah peserta yang absen," kata dia.

Hari kedua atau pada Selasa (14/4) peserta UN akan mengerjakan soal mata pelajaran Matematika dan Biologi untuk jurusan IPA dan mata pelajaran Matematika dan Sosiologi untuk jurusan IPS.

Sedangkan pada hari terakhir mengerjakan soal mata pelajaran Bahasa Inggris dan Fisika untuk jurusan IPA dan mata pelajaran Bahasa Inggris dan Ekonomi untuk jurusan IPS.***4***

Pewarta: Oleh Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015