Rejanglebong (Antara) - Sebanyak 19.505 warga tidak mampu di Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, akan menerima bantuan program simpanan keluarga sejahtera (PSKS) untuk tiga bulan berjalan.

"Penerima dana bantuan konvensasi kenaikan BBM kali ini sebanyak 19.505 rumah tangga sasaran atau RTS yang tersebar di 15 kecamatan di Kabupaten Rejanglebong. Pendistribusian dana bantuan untuk tiga bulan berjalan ini nantinya akan dilaksanakan melalui Kantor Pos terhitung tanggal 8 April nanti," kata Kabid Sosial Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Rejanglebong, Kandar Sukandar di Rejanglebong, Rabu.

Bantuan dana PSKS yang diterima kalangan warga tidak mampu di daerah itu kata dia, akan diterima 19.505 RTS dengan jumlah keseluruhan mencapai Rp11,7 miliar.

Pembayaran dana PSKS ini diberikan pemerintah pusat untuk tiga bulan berjalan dengan besaran per RTS akan menerima bantuan untuk tiga bulan berjalan sebesar Rp600 ribu atau Rp200 per bulan.

Bantuan PSKS itu sendiri dikucurkan pemerintah untuk meringankan beban warga tidak mampu pascakenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) beberapa waktu lalu. Sedangkan para penerimanya bantuan ini kata dia, berdasarkan pendataan BPS serta merupakan hasil verifikasi tim nasional percepatan penanggulangan kemiskinan (TN2PK) pusat.

Sementara itu kepala Kantor Pos Curup Fendi Anjasmara menjelaskan, pembayaran dana PSKS di daerah itu akan disalurkan melalui Kantor Pos Curup serta empat Kantor Pos, kemudian Kantor Pos Karang Anyar Kecamatan Curup Utara, Kantor Pos Belitar di Kecamatan Sindang Kelingi, Kantor Pos Kecamatan Padang Ulak Tanding dan Kantor Pos Sambirejo Kecamatan Selupu Rejang.

Untuk pengambilan dana konvensasi kenaikan BBM ini kalangan penerima harus mememiliki memiliki kartu perlindungan sosial (KPS) dan tercantum pada data pembayaran PSKS, kemudian membawa identitas diri yang masih berlaku berupa KTP, KK atau SIM.

Selain melayani pembayaran dana PSKS untuk Kabupaten Rejanglebong, kata dia, pihaknya juga akan melakukan pembayaran dua kabupaten lainnya dibawah naungan Kantor Pos Curup, yakni Kabupaten Lebong dan Kepahiang, pembayarannya akan dilakukan di unit Kantor Pos yang ada di kedua wilayah tersebut.***4***

Pewarta: Oleh Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015