Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengusulkan lahan seluas 760 hektare untuk tanaman kedelai di daerah itu pada 2015.

"Seluas 760 hektare lahan untuk kedelai yang diusulkan ke provinsi. Dari target 1.000 hektare," kata Kabid Pertanian Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Mukomuko Hari Mastaman, di Mukomuko, Rabu.

Ia mengatakan, lahan seluas 760 hektare itu terdapat di Kecamatan Malin Deman, Kecamatan Penarik, Kecamatan Lubuk Pinang, Teramang Jaya, dan Kota Mukomuko.

Ia mengatakan, luas lahan yang diusulkan untuk tanaman kedelai tersebut tidak mencapai target karena ketiadaan lahan masyarakat yang tersedia untuk itu.

Untuk selanjutnya, katanya, lahan seluas itu yang dikeluarkan surat keputusan (SK) kepala dinas untuk diusulkan ke pemerintah provinsi setempat.

Ia mengatakan, pengembangan tanaman palawija dan kedelai ini merupakan program pemerintah pusat untuk melakukan gerakan penerapan pengelolaan tanaman terpadu (DPPTT) kedelai.

Petani pemilik lahan tersebut, katanya, akan diberikan bantuan sarana produksi, benih kedelai, termasuk pupuk.

"Untuk pengolahan lahan dilakukan sendiri oleh petani," ujarnya.

Sementara, lanjutnya, pelaksanaan penanaman tanaman kedelai ini mulai bulan Mei, Juni, Juli, dan Agustus 2015.

Sedangkan target produksi tanaman kedelai ini, katanya, sebanyak 1,3 ton per hektare.***3***

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015