Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan delapan madrasah swasta di daerah itu menerima dana Bantuan Kinerja dan Bantuan Afirmasi (BKBA) dari Pemerintah Pusat.

"Ada delapan madrasah swasta di Kabupaten Rejang Lebong yang menerima dana BKBA tahun 2023 dengan nilai keseluruhan mencapai Rp1,2 miliar," kata Kepala Kemenag Rejang Lebong Lukman saat dihubungi di Rejang Lebong, Sabtu.

Dia menjelaskan bantuan BKBA tersebut diberikan kepada lima madrasah ibtidaiyah (MI) yakni Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) 10 Karang Anyar Kecamatan Curup Timur, MIS Guppi 11 Talang Rimbo Kecamatan Curup Tengah.

Kemudian MIS Guppi 12 Lubuk Kembang Kecamatan Curup Utara, MIS Guppi 13 Tasikmalaya Kecamatan Curup Utara dan MIM 14 Talang Ulu Kecamatan Curup Timur, serta MIS Nurul Huda Belumai Kecamatan Padang Ulak Tanding.

Sedangkan untuk kategori MTs, yakni MTs Nurul Kamal Kecamatan Selupu Rejang, selanjutnya MTs Nurul Fatah Kecamatan Binduriang.

Menurut dia, dana BKBA yang diberikan oleh Pemerintah Pusat ini sebagai dukungan memperbaiki kualitas pendidikan di madrasah terutama dalam upaya meningkatkan prestasi akademik dan manajemen sekolah.

Dana BKBA yang akan diterima oleh masing-masing madrasah ini besarannya mencapai Rp150 juta, di mana anggarannya akan digunakan untuk meningkatkan mutu pengelolaan dan layanan pendidikan madrasah serta perbaikan ringan bangunan madrasah maupun pembiayaan pengembangan kompetensi guru.

Dia berharap madrasah yang mendapatkan dana BKBA di Kabupaten Rejang Lebong kali ini agar dapat menggunakannya dengan sebaik mungkin sesuai dengan kebutuhan sehingga bisa meningkatkan mutu madrasah.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023