Mukomuko (Antara) - Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengusulkan pembangunan sebanyak empat kios untuk tempat berjualan berbagai aneka kuliner di objek wisata Danau Nibung.  

"Tahun 2016 kami usulkan pembangunan empat kios di Danau Nibung," kata Kabid Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Mukomuko Sapuan, di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan, bangunan kios yang diusulkan itu permanen dengan ukuran 4 X 6 meter. Anggaran untuk pembangunannya sebesar Rp200 juta per kios.   

Kios tersebut, katanya, tidak hanya menyediakan berbagai aneka kuliner khas daerah itu tetapi juga menjual batu akik.

Sedangkan pedagang yang menempati kios tersebut, katanya, akan dibahas lagi. Namun untuk pengelolaan kios itu kerja sama dengan pihak ketiga.

"Bisa saja kerja samanya dengan koperasi pegawai negeri sipil (PNS). Selanjutnya koperasi tersebut yang mengelola kios tersebut," ujarnya lagi.

Ia menerangkan, tidak hanya di Danau Nibung termasuk di Danau Lebar butuh fasilitas kios tempat berjualan untuk pengunjung objek wisata itu.

"Pengunjung objek wisata itu juga butuh makanan dan minuman. Untuk itu perlu kita siapkan kios tempat berjualan pedagang," ujarnya lagi.

Lebih lanjut, katanya, penyediaan kios itu juga untuk memacu ekonomi kreatif di wilayah itu. Karena kalau sudah ada kios Sehingga dapat menarik minat pedagang lain untuk berjualan di objek wisata di daerah itu.***1*** 

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015