Mukomuko (Antara) - Pihak PT Perusahaan Listrik Negara Rayon Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan kekurangan daya listrik untuk menambah sambungan baru bagi warga di daerah itu.

"Tidak bisa lagi. Kita kekurangan daya. Mesinnya tidak mampu lagi mengangkat beban baru," kata Kepala PLN Rayon Kabupaten Mukomuko Asep Suherman di Mukomuko, Sabtu.

Ia mengatakan, saat ini PLN setempat memiliki tiga pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) dengan kapasitas daya sebesar delapan megawatt.         

Dengan kapasitas daya sebesar itu, katanya, hanya mampu untuk memasok pelanggan yang lama. Kalau ditambah sambungan baru, tidak akan terangkat lagi.

Untuk sambungan baru, katanya, sebaiknya menunggu penambahan satu mesin PLTD baru pada akhir tahun ini. Jumlah dayanya sebesar tiga megawatt.      

"Mesin PLTD itu dirental. Sama dengan tiga mesin PLTD yang lama," ujarnya.

Menurut dia, sebaiknya menggunakan pembangkit listrik tenaga mikro hindro (PLTMH). Namun belum ada rencana untuk menggunakan itu.

Ia mengatakan, pihaknya sudah melakukan pendekatan ke beberapa pabrik kelapa sawit yang menggunakan listrik non PLN.

"Kita mau kerja sama kalau bisa dijual energi listrik di pabrik yang berlebih disalurkan kepada masyarakat," ujarnya. ***4***

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015