Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, melakukan sosialisasi Pemilu 2024 di kalangan pelajar daerah itu yang masuk kategori pemilih pemula.

Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Rejang Lebong Buyono usai melaksanakan sosialisasi pemilih pemula di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Rejang Lebong, Jumat, mengatakan jumlah pemilih pemula dalam daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Rejang Lebong yang ditetapkan pada 21 Juni 2023 sebanyak 208.394 orang, dari jumlah itu terdapat 54.055 orang pemilih pemula.

"Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam kepada pemilih pemula betapa pentingnya peran mereka dalam proses demokrasi," kata dia.

Dia menjelaskan pelaksanaan sosialisasi kepada pemilih pemula di kalangan pelajar tingkat SMA sederajat ini dilaksanakan bersama dengan panitia pemilihan kecamatan (PPK) tersebar dalam 15 kecamatan.

Adapun materi yang diberikan kepada pemilih pemula ini, kata Buyono, di antaranya tentang pendidikan pemilih mencakup kapan Pemilu 2024 digelar, dan pesertanya siapa saja.

Selain itu untuk memastikan kalangan pelajar yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih terdaftar sebagai pemilih, serta mengajak pemilih pemula ini untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilu pada 14 Februari 2024.

Menurut dia, partisipasi aktif pemilih pemula ini sangat penting karena mereka adalah generasi penerus bangsa sehingga nantinya mereka bisa memilih calon-calon yang dianggap dapat mewakili atau sesuai dengan visi mereka.

Dalam kesempatan itu dia mengimbau masyarakat Rejang Lebong yang belum masuk dalam DPT diminta segera melapor ke petugas PPS, PPK atau KPU Rejang Lebong sehingga bisa dimasukkan dalam daftar pemilih tambahan (DPTb) atau daftar pemilih khusus (DPK).

Untuk mengecek apakah mereka sudah terdaftar atau belum dalam DPT bisa melihat pengumuman di desa/kelurahan masing-masing atau di laman https://cekdptonline.kpu.go.id.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023