Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Hidayah Kota Bengkulu mencatat, antrean pemasangan sambungan air mengalami peningkatan yaitu mencapai 1.200 sambungan pelanggan.
 
Meningkatnya permintaan sambungan air tersebut disebabkan karena kekeringan dan kemarau terjadi di Bengkulu sejak Juni 2023.
 
"Karena dampak kekeringan beberapa masyarakat Kota Bengkulu ramai-ramai memasang langganan sambungan air ke Perumda Tirta Hidayah Kota Bengkulu. Sejak Juni 2023, pada awal kemarau terjadi dan saat ini sudah ada 1.200 antrean pelanggan yang ingin berlangganan," kata Direktur Utama Perumda Tirta Hidayah Kota Bengkulu Samsu Bahari, di Kota Bengkulu, Jumat.
 
Ia menyebutkan, saat ini pihaknya telah melakukan persiapan untuk melakukan penambahan personel yang memiliki keterampilan memasang. Sebab, dengan jumlah personel saat ini, belum bisa mencukupi untuk membantu pemasangan sambungan air PDAM di Kota Bengkulu.
 
Meskipun demikian, pihaknya tetap mengerjakan penyambungan bagi masyarakat yang sudah mengajukan.
 
PDAM Tirta Hidayah Kota Bengkulu juga menyediakan bantuan air bersih untuk masyarakat yang terdampak musim kemarau atau El Nino di wilayah tersebut.
 
"PDAM menyediakan bantuan air bersih bagi masyarakat yang terdampak dari musim kemarau panjang yang mengakibatkan sebagian masyarakat mengalami kekeringan," kata Samsu. Sebab, saat ini sejumlah masyarakat yang mengalami kekeringan telah memanfaatkan bantuan air bersih melalui layanan mobil tangki gratis tersebut.
 
Bagi masyarakat yang mengalami kekeringan dan membutuhkan bantuan air bersih dapat meminta bantuan dengan menyampaikan surat ke Perumda Tirta Hidayah atau PDAM Kota Bengkulu melalui ketua RT masing-masing atau menghubungi nomor layanan 0852-1600-0788.
 
Kemudian, masyarakat dapat menyiapkan wadah penampungan yang dapat dijangkau selang tangki sepanjang lima meter dan satu mobil tangki tersebut dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk lima hingga tujuh rumah.
 
"Bantuan air bersih ini gratis, jika ada masyarakat yang membutuhkan silakan hubungi Perumda Tirta Hidayah Kota Bengkulu dengan melampirkan alamat yang lengkap," ujar dia pula.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023