Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan masyarakat umum bisa mengikuti selesai calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK formasi teknis di wilayah itu.

Sekretaris BKPSDM Rejang Lebong Wahyu Destiawan di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan daerah itu pada tahun ini mendapat kuota seleksi PPPK dari pemerintah pusat sebanyak 685 formasi untuk jabatan fungsional guru, jabatan fungsional tenaga kesehatan dan jabatan fungsional tenaga teknis.

Baca juga: Rejang Lebong miliki Perda pencegahan alih fungsi lahan pertanian

"Untuk seleksi PPPK formasi umum ini bisa diikuti oleh peserta dari luar seperti bekerja di perbankan dan instansi lainnya, pernah bekerja minimal dua tahun, ini rata-rata untuk jabatan fungsional tenaga teknis," kata dia.

Dia menjelaskan seleksi PPPK daerah itu terbagi menjadi dua kategori pelamar khusus dan pelamar umum, di mana untuk pelamar khusus untuk jabatan fungsional guru dan jabatan fungsional tenaga kesehatan.

Kalangan pelamar khusus, kata dia, berasal dari kalangan pegawai honorer yang sudah lama mengabdi dan terdaftar di daerah itu, sedangkan untuk pelamar umum ini bisa dari mana saja dengan syarat pernah bekerja di pemerintahan minimal dua tahun.

Sejauh ini pihaknya tidak mengetahui kalangan pelamar khusus dari pegawai honorer itu nantinya akan lulus seleksi atau tidak, karena pelaksanaan penilaiannya oleh BKN dilakukan dengan sistem computer assisted test atau CAT sehingga tergantung dengan kemampuan masing-masing.

Baca juga: KPU Rejang Lebong targetkan partisipasi pemilih sebesar 85 persen

Adapun kuota seleksi PPPK yang diterima Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 685 formasi ini terdiri dari jabatan fungsional guru 300 orang, jabatan fungsional tenaga kesehatan sebanyak 339 orang dan 46 orang jabatan fungsional tenaga teknis.

Pengumuman seleksi PPPK ini dimulai 19 September hingga 3 Oktober, dan setelah masa pendaftaran 20 September-9 Oktober, seleksi administrasi 20 September hingga 12 Oktober. Selanjutnya pengumuman hasil seleksi administrasi 13-16 Oktober.

Selanjutnya, masa sanggah 17-19 Oktober, jawaban sanggah 17-21 Oktober, pengumuman pascasanggah 20-29 Oktober, penarikan data final 27-29 Oktober. Seterusnya penjadwalan seleksi kompetensi 30 Oktober-2 November dan tahapan lainnya.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023