Bengkulu,  (Antara) - Wakil Gubernur Bengkulu Sultan Najamudin mengatakan keindahan alam dan sejumlah fakta sejarah membuat Kota Bengkulu dan sekitarnya potensial menjadi destinasi wisata di Indonesia.

"Kekayaan alam dan peninggalan sejarah membuat Bengkulu memiliki potensi besar menjadi destinasi wisata," kata Wakil Gubernur saat menyampaikan sambutan dalam pembukaan "Indonesia Youth Forum" (IYF) atau Forum Pemuda Indonesia di Kota Bengkulu, Kamis.

Ia mengatakan keindahan alam yang dimaksud antara lain objek wisata Pantai Panjang di Kota Bengkulu. Pesisir pantai sepanjang lebih tujuh kilometer itu menjadi andalan Kota Bengkulu untuk menarik wisatawan.

Termasuk keberadaan Pulau Tikus yang merupakan pulau terdekat dari Kota Bengkulu yang dapat dijadikan sebagai objek wisata bahari.

Ada pula flora unik yang tumbuh di kawasan hutan daerah itu yakni bunga terbesar di dunia, Rafflesia arnoldii.

Selain itu, wisata sejarah yang bisa dinikmati di Kota Bengkulu antara lain rumah pengasingan Bung Karno di Kelurahan Anggut dan benteng peninggalan kolonial Inggris, Benteng Marlborough.

"Bengkulu tidak kalah dari daerah lain untuk urusan wisata, jadi kami harapkan peserta Forum Pemuda Indonesia ini agar sempatkan berwisata," kata dia.

Bengkulu menjadi tuan rumah Forum Pemuda Indonesia ke-4 yang digelar "Indonesia Student dan Youth Forum" (ISYF) atau Forum Pemuda dan Pelajar Indonesia.

Presiden ISYF, Fajar Kurniawan mengatakan penetapan Bengkulu sebagai tuan rumah kegiatan itu karena semangat pemuda setempat yang tinggi dalam proyek sosial yang membawa perubahan di masyarakat.

"Pemuda Bengkulu ini cukup aktif dan produktif karena itu kami memilih sebagai lokasi IYF 2015," kata dia.

Sebanyak 200 pemuda dari 26 provinsi yang memiliki proyek sosial berkumpul di Bengkulu pada 6 hingga 11 Mei 2015.

Para peserta diseleksi berdasarkan proyek sosial mereka antara lain bidang pendidikan, teknologi informasi, lingkungan, kesehatan dan sosial.

"Bagi peserta terbaik akan mendapat hibah mulai 500 dolar AS hingga 20 ribu dolar AS untuk mengembangkan proyek sosial mereka," ucapnya. ***1***

Pewarta: Oleh Helti Marini Sipayung

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015