Sebanyak 239 atlet dari berbagai cabang olahraga di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, mengikuti kejuaraan antarkampung (Tarkam)  Kementerian Pemuda dan Olahraga 2023 yang digelar di wilayah itu.

Ketua panitia pelaksana Tarkam Kemenpora Pemkab Rejang Lebong Nunung Tri Mulyanti di Rejang Lebong, Senin, mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan 2-4 Oktober dengan peserta yang berasal dari 15 kecamatan di Rejang Lebong.

"Kejuaraan Tarkam ini mempertandingkan beberapa cabang olahraga diantaranya atletik pelajar, bulu tangkis dan tenis meja," kata dia.

Dia menjelaskan atlit yang mengikuti kejuaraan Tarkam Kemenpora dalam rangka memeriahkan Hari Olahraga Nasional 2023 tersebut sebanyak 117 peserta atletik SD/MI, kemudian 34 peserta atletik SMP/MTs, 18 peserta atletik SMA/MA.

Selanjutnya 40 atlet tenis meja tunggal putra, 20 atlet tenis meja tunggal putri, dan 10 tim tenis meja ganda campuran.

Menurut dia, untuk cabang atletik terbagi menjadi lari jarak 60 meter untuk SD/MI, lari 80 meter untuk SMP/MTs, dan 100 meter untuk SMA/MA sederajat. Sedangkan cabang tenis meja tunggal dan beregu putra-putri dan ganda campuran terbuka untuk umum.

Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi dalam kesempatan menyatakan dirinya patut berbangga hati karena dari 540 kabupaten/kota di Tanah Air hanya 30 kabupaten/kota yang dipercaya untuk menyelenggarakan Tarkam Kemenpora 2023.

Dia mengimbau seluruh atlet, ofisial dan wasit untuk menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas serta memupuk rasa persaudaraan dan kekeluargaan antaratlet, serta menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus berprestasi dalam dunia olahraga.

Staf Ahli Menpora Dwi Yanto Saroso Putra mengatakan pelaksanaan Kejuaraan Tarkam Kemenpora di Rejang Lebong ini untuk dapat menyentuh masyarakat hingga wilayah pedesaan sesuai pesan Presiden Joko Widodo agar tarkam dapat mewujudkan visi nasional Indonesia bugar, berkarakter unggul dan berprestasi dunia.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023