Bengkulu (Antara) - Kota Bengkulu meyakinkan masyarakat bahwa perbaikan infrastruktur jalan dapat diselesaikan menjelang hari raya Idul Fitri 1436 Hijriah.

"Sudah 60 persen selesai, kita yakin pada saat mudik dan arus balik jalan di Kota Bengkulu sudah mulus, untuk jalan utama sebelum lebaran, atau sebelum arus mudik sudah selesai perbaikannya," kata Plt Kepala Dinas PU Kota Bengkulu, Nuriansyah, di Bengkulu, Rabu.

Menurut dirinya, pemerintah setempat sudah membuat program pembangunan infrastruktur jalan dari awal 2015 dan pada triwulan kedua mulai direalisasikan.

"Kita ingin pemudik tidak mengalami berbagai keluhan saat melalui Kota Bengkulu, yang kita inginkan mereka merasa aman dan nyaman selama di perjalanan," kata dia.

Jalan tanpa kondisi rusak kata Nuriansyah, juga dapat mengurangi potensi kecelakaan, apalagi arus mudik dan balik, intensitas kendaraan meningkat drastis.

"Biasanya setiap tahun cukup banyak kendaraan dari Pulau Jawa atau Lampung menuju Bengkulu, lewat kota kita untuk melanjutkan perjalanan kembali ke provinsi Sumatera Barat atau Sumatera Bagian Selatan, atau sebaliknya," kata dia.

Kota Bengkulu merupakan jalur lintas bagian barat, memang Provinsi Bengkulu bukanlah jalur utama pulau Sumatera, karena jalur utama adalah jalan lintas bagian tengah Sumatera.

Namun jalur lintas barat bisa menjadi alternatif selama arus mudik dan balik karena kepadatan kendaraan di jalur mudik utama Pulau Sumatera.

Tidak hanya jalan, tetapi Kota Bengkulu juga memperbaiki sektor penunjang jalan, seperti drainase, sebelumnya hampir seluruh jalan di kota itu tidak memiliki drainase.

"Drainase sangat dibutuhkan agar jalur tidak mengalami kebanjiran, banjir dapat menghambat laju kendaraan dan mengakibatkan kemacetan," ujarnya.***1***

Pewarta: Oleh Boyke LW

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015