Mukomuko (Antara) - Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun ini menyiapkan sebanyak 5000 dosis vaksin anti rabies untuk anjing, kucing, dan monyet peliharaan warga setempat.

"Vaksin anti rabies (VAR) ini untuk sebanyak 5000 ekor anjing, kucing, dan monyet peliharaan warga setempat," kata Kabid Peternakan Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Mukomuko Jumadi, di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan, vaksin ini diberikan berdasarkan permintaan warga di daerah itu yang ingin mencegah hewan peliharaannya tertular panyakit rabies.

Vaksin ini, katanya, kalau dari instansi itu tidak bayar. Namun kepada petugas dokter hewan dan paramedis yang memberikan vaksin ini ada biaya dari pemilik hewan.

"Biayanya memang tidak ada tetapi kemungkinan untuk petugas peternakan yang memberikan vaksin ini," ujarnya.

Ia menyebutkan, selama tahun ini sudah sebanyak 1000 dosis VAR yang telah diberikan oleh petugas peternakan kepada hewan peliharaan warga setempat.

Karena jumlah stok vaksin ini masih banyak, ia mengimbau, warga mengusulkan agar hewan peliharaannya diberikan VAR. Untuk antisipasi bersama jangan sampai hewan terkena rabies menular kepada manusia.

"Lebih baik kita antisipasi dari sekarang sebelum hewan tertular dan menular kepada manusia melalui gigitan," ujarnya.

Ia mengatakan, warga yang ingin memvaksin hewannya dapat menghubungi petugas peternakan di wilayahnya masing-masing.***4***

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015