Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu segera membagikan bantuan seragam sekolah gratis untuk 8.083 siswa tingkat SD dan SMP yang ada di daerah itu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rejang Lebong Rezza Pakhlevie didampingi Kabid Pembinaan SMP, Rionita di Rejang Lebong, Senin, mengatakan pembagian seragam sekolah gratis tersebut merupakan program unggulan Kabupaten Rejang Lebong sesuai dengan visi misi bupati dan wakil bupati setempat pada kampanye Pilkada serentak 2020.

"Saat ini masih dalam proses pengadaan, targetnya awal November 2023, sudah selesai dan bisa langsung dibagikan," kata Rezza.

Dia menjelaskan siswa yang akan menerima bantuan seragam gratis ini khusus siswa baru di bawah naungan Dikbud Rejang Lebong, yakni kelas I tingkat SD dan kelas VII (kelas I SMP), baik negeri maupun swasta.

Untuk persiapan pembagian sekolah gratis ini, kata dia, dalam sepekan belakangan telah melakukan opname ke lapangan guna memastikan data bakal calon penerima bantuan betul-betul valid.

Dengan adanya bantuan seragam sekolah gratis berupa seragam merah-putih untuk tingkat SD, dan biru-putih untuk pelajar SMP, nantinya bisa mengurangi beban pengeluaran orang tua untuk membeli seragam sekolah anak-anak mereka.

Sebelumnya, berdasarkan data pokok pendidikan (Dapodik) Kabupaten Rejang Lebong sampai 31 Agustus 2023, jumlah siswa baru tingkat SD dan SMP yang ada di Kabupaten Rejang Lebong mencapai 8.083 siswa.

Kalangan pelajar yang masuk dalam Dapodik Dikbud Rejang Lebong ini untuk tingkat SD sebanyak 4.159 siswa dan SMP sebanyak 3.924 siswa, para siswa ini nantinya akan menerima bantuan seragam sekolah gratis yang dibiayai APBD Rejang Lebong 2023, senilai Rp1,6 miliar.

Program bantuan seragam sekolah gratis di Kabupaten Rejang Lebong itu sudah memasuki tahun kedua, dimana pada tahun 2022 dibagikan kepada 8.584 siswa.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023