Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan 100 orang mahasiswa asal daerah itu telah mendaftarkan diri guna memperebutkan bantuan beasiswa dari pemerintah daerah setempat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rejang Lebong Rezza Pakhlevie di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan program beasiswa bagi mahasiswa berprestasi tersebut sudah dianggarkan dalam APBD Kabupaten Rejang Lebong tahun 2023 sebesar Rp900 juta.

"Saat ini sudah ada 100 orang mahasiswa yang mendaftarkan sebagai calon penerima bantuan program beasiswa mahasiswa berprestasi Kabupaten Rejang Lebong tahun 2023," kata dia.

Dia menjelaskan, program beasiswa mahasiswa berprestasi dari Pemkab Rejang Lebong ini masih dalam proses pendaftaran dan menunggu revisi Peraturan Bupati (Perbup) Rejang Lebong yang menjadi payung hukumnya.

Program beasiswa bagi mahasiswa berprestasi ini, kata dia, merupakan salah satu program unggulan Pemkab Rejang Lebong sesuai dengan visi misi Bupati Syamsul Effendi dan Wakil Bupati Hendra Wahyudiansyah pada kampanye Pilkada 2020.

Menurut dia, program beasiswa mahasiswa berprestasi ini untuk meringankan biaya kuliah dan membantu para mahasiswa berasal dari Kabupaten Rejang Lebong guna membayar biaya kuliah, di mana mereka akan menerima bantuan pembayaran uang kuliah tunggal yang ditransfer ke rekening masing-masing.

Dia berharap revisi Perbup Rejang Lebong tentang program bantuan beasiswa mahasiswa berprestasi di daerah itu dapat cepat rampung sehingga bisa langsung disalurkan kepada calon penerima yang dinyatakan telah memenuhi syarat.

Sebelumnya pada 2022 lalu Pemkab Rejang Lebong juga telah menyalurkan program beasiswa kepada 197 mahasiswa berprestasi dari daerah itu yang kuliah di perguruan tinggi negeri maupun swasta, baik yang kuliah di Kabupaten Rejang Lebong, di wilayah Provinsi Bengkulu, maupun luar daerah lainnya.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023