Bengkulu (Antara) - Sebanyak delapan orang tim medis yang terdiri dari dokter umum, perawat, apoteker, analis, sanitarian dan ahli gizi mulai bertugas memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di pulau terluar Pulau Enggano melalui program "Nusantara Sehat" dari Kementerian Kesehatan.

"Mereka bertugas melayani kesehatan masyarakat di Pulau Enggano mulai bulan lalu lewat program Nusantara Sehat," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Amin Kurnia di Bengkulu, Selasa.

Ia mengatakan Pulau Enggano Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu menjadi salah satu sasaran program "Nusantara Sehat" untuk mengamankan kesehatan masyarakat dari daerah yang paling membutuhkan sesuai dengan Nawa Cita, yakni membangun dari pinggiran.

Pulau Enggano kata dia menjadi salah satu dari 120 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di 48 kabupaten di Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK) di Indonesia.

"Mereka dikontrak selama dua tahun oleh Kementerian Kesehatan dan akan mengabdi penuh di pulau terluar Enggano, jadi tidak ada lagi alasan kekosongan tenaga medis di pulau itu," katanya, menerangkan.

Ia menambahkan bahwa fokus kebijakan Kementerian Kesehatan lewat program ini yakni permasalahan kesehatan yang mendesak seperti angka kematian ibu dan bayi yang masih tinggi, angka gizi buruk, serta angka harapan hidup yang sangat ditentukan oleh kualitas pelayanan primer.

Penguatan pelayanan kesehatan primer mencakup tiga hal yakni pembenahan infrastruktur, pembenahan fasilitas dan penguatan tenaga kesehatan selain dokter.

Program tersebut tambah dia dirancang untuk mendukung pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang diutamakan pemerintah guna menciptakan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan.

Selama ini kata Amin, pelayanan kesehatan di Pulau Enggano didukung oleh pembangunan rumah sakit apung dari Kementerian Kesehatan yang dibangun pascagempa yang melanda Bengkulu pada 2007.

"Penambahan tenaga medis lewat program nusantara sehat ini akan meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat di pulau itu," tambahnya.

Pulau Enggano berjarak 106 mil laut dari Kota Bengkulu merupakan pulau terluar yang masuk wilayah Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu yang dihuni lebih 2.800 jiwa penduduk.***1***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015