Bengkulu (Antara) - Pemerintah Kota Bengkulu optimistis perbaikan infrastruktur jalan di daerah itu segera rampung, lebih dari 80 persen perbaikan sudah dikerjakan.

"Ya sekarang tinggal sedikit lagi, jalan yang mengarah ke arah bandara, dan beberapa pengerjaan lainnya, Jalan Rawa Makmur dan Unib Belakang, jalur masuk kendaraan dari arah Kabupaten Bengkulu tengah sudah selesai diperbaiki," kata Plt Kepala Dinas PU Kota Bengkulu, Nuriansyah di Bengkulu, Jumat.

Kota itu, optimis mampu menyuguhkan kenyamanan perjalanan bagi pemudik yang diperkirakan akan memadati jalur lintas Pulau Sumatera seminggu sebelum dan sesudah lebaran.

Bengkulu memang belum menjadi jalur utama perjalanan mudik, oleh karena lintas tengah Pulau Sumatera masih dianggap lebih efektif dan efisien jika dilihat dari sisi waktu tempuh serta kondisi infrastruktur.

"Tetapi tidak menutup kemungkinan Kota Bengkulu yang berada di jalur lintas barat pulau Sumatera menjadi pilihan pemudik, ada kemungkinan kepadatan arus mudik membuat mereka lebih memilih alternatif," kata dia.

Jalur-jalur utama daerah itu telah selesai diperbaiki, yang masih dalam tahap pengerjaan yakni pembangunan sarana pendukung jalan seperti drainase.

"Kali ini ada beberapa ruas jalan yang kita bangun drainase, sehingga diharapkan tidak ada kemacetan jalan akibat banjir, kita tidak ingin pengguna jalan apalagi pemudik dari luar (daerah) mendapatkan kesan buruk di Bengkulu, kita ingin sekali mereka ke sini, setelah itu ada minat untuk kembali ke sini lagi," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Kota Bengkulu, Salahudin Yahya mengungkapkan pemerintah setempat berharap masyarakat turut peduli terhadap pembangunan infrastruktur kota.

"Kita berharap masyarakat mengawasi pengerjaan, sehingga perusahaan jasa konstruksi yang mengerjakan pembangunan tidak 'bermain', dengan terlibat langsung, masyarakat juga memiliki kesadaran dan merasa memiliki terhadap infrastruktur yang dibangun," kata dia.

Dengan kesadaran dan merasa memiliki tersebut, masyarakat lebih peduli demi menjaga dan merawat aset berharga kota itu.***4***

Pewarta: Boyke LW

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015