Wakil Bupati Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu Hendra Wahyudiansyah menyatakan pameran pendidikan yang digelar SMA Negeri 2 Rejang Lebong pada 13-18 November menjadi ajang kreativitas pelajar.

"Ini merupakan momen silaturahmi antarpelaku pendidikan di Rejang Lebong, juga sebagai wadah untuk menyalurkan kreativitas dan potensi generasi bangsa ke depannya," kata dia usai membuka Expo SMAN 2 Rejang Lebong, Senin.

Dia menjelaskan kegiatan pameran pendidikan di SMAN 2 Rejang Lebong tersebut hendaknya bukan hanya dilaksanakan sekolah itu saja. Akan tetapi, agar dapat dilakukan di SMA/SMK lainnya di Rejang Lebong sehingga bisa menjadi ajang pembuktian kreativitas para pelajar dan mempererat silahturahmi antarsiswa dan dewan guru.

"Saya berharap sekolah-sekolah lain bisa melaksanakan kegiatan seperti ini, termasuk sekolah-sekolah di wilayah Lembak yang selama ini dikenal rawan," katanya.
 
Dalam kesempatan itu ia juga mengingatkan para pelajar khususnya tingkat SMA/SMK di daerah itu agar jangan menjadi generasi bangsa yang cengeng, yakni generasi manja dan tidak bisa memimpin dirinya sendiri dalam menghadapi situasi apapun. 

Hendra mencontohkan adanya beberapa kejadian kekerasan terhadap guru di daerah itu lantaran siswa yang dimarahi oleh guru lantaran membuat kesalahan di sekolah, namun kemudian tak terima dan mengadu kepada orang tuanya.

"Kalau tidak mau ditegur dan dimarah sama guru, nggak usah sekolah. Ketika kalian berangkat dari rumah menuju sekolah maka semua yang terjadi pada diri kalian merupakan tanggung jawab dewan guru dan seluruh jajaran di sekolah," kata dia.

Kepala SMAN 2 Rejang Lebong Pedito Alam menjelaskan pada SMAN 2 expo ini digelar aneka perlombaan antara lain lomba bercerita, pertandingan badminton, turnamen bola basket, lomba tari kejei, turnamen bola voli, lomba menyanyi solo, lomba e-sport, lomba MTQ, lomba senam kreasi, lomba cosplay, bazar kewirausahaan serta bazar pelajar Pancasila.

"Kegiatan ini sebagai media untuk menyalurkan kreasi dan kreativitas pelajar se Kabupaten Rejang Lebong khususnya, dan Provinsi Bengkulu pada umumnya. Karena peserta dalam beberapa mata lomba SMAN 2 expo ini juga diikuti peserta dari Kabupaten Bengkulu Selatan, Kepahiang, Lebong dan Kota Bengkulu," kata Pedito.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023