Bengkulu (Antara) - Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah mengharapkan para pelajar yang akan terpilih sebagai penerima beasiswa kuliah Strata 1 ke Jerman akan kembali membangun daerah setelah menyelesaikan pendidikan mereka.

"Manfaatkan ilmu yang didapat untuk membangun daerah, itu harapan kami," kata Gubernur, saat menyampaikan sambutan dalam acara seleksi calon mahasiswa Strata 1 ke Jerman di Bengkulu, Jumat.

Ia mengatakan pemerintah daerah membiyai penuh para generasi penerus itu untuk menempuh pendidikan di luar negeri, dengan harapan mereka akan membangun Bengkulu dengan segala potensi yang dimiliki daerah ini.

Program ini kata Gubernur Junaidi merupakan investasi bidang pendidikan dan diharapkan berlanjut hingga lima tahun ke depan.

Sebanyak 10 orang lulusan SMA akan dikirim ke Jerman untuk menempuh pendidikan Strata 1. Mereka diseleksi dari 48 orang lulusan SMA sederajat dari delapan kabupaten dan kota di daerah itu.

"Kalau setiap tahun ada 10 orang yang dikirim maka dalam lima tahun ada 50 orang yang mendapat pendidikan luar negeri," kata dia.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu Atisar Sulaiman mengatakan untuk tahun pertama pemerintah daerah menyediakan anggaran Rp4 miliar untuk 10 orang calon mahasiswa itu.

Dari 48 lulusan SMA yang diseleksi akan dipilih 20 orang peraih nilai terbaik dan selanjutnya dipilih menjadi 10 orang.

Salah seorang peserta seleksi, Nurul Aulia dari SMA Negeri 1 Giri Mulya Kabupaten Bengkulu Utara mengatakan sudah mempersiapkan diri mengikuti seleksi tersebut.

"Saya sudah sering belajar dengan contoh-contoh soal tes psikologi dan kemampuan akademik," ujar anak kedua dari empat bersaudara ini.

Nurul mengatakan sudah siap menerima risiko bila tidak terpilih, sebab ia juga sudah lulus jalur undangan untuk menempuh Strata 1 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Bengkulu.***4***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015