Jakarta,  (Antara) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (MenLHK) Siti Nurbaya melepas sebanyak 1.000 balon berisi pesan anak-anak Indonesia dan pemangku kepentingan lingkungan hidup.

         Seribu balon tersebut dilepas di pelataran parkir VIP Jakarta Convention Center, Minggu, oleh Siti Nurbaya, yang didampingi duta lingkungan Nugie dan Tasya serta pramuka Saka Kalpataru dan mahasiswa, dalam rangkaian Pekan Lingkungan Indonesia.

         Pelepasan 1.000 balon bertema "Share Your Dreams" itu merupakan ajakan untuk mewujudkan mimpi menjadi aksi nyata dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

         Salah satu balon berisi pesan Siti Nurbaya yang berbunyi "Setiap kita boleh bermimpi, formulasikan yang tepat dan wujudkan jadi kenyataan. Dreams, commitment into action".

         Profesor Emil Salim, yang merupakan guru lingkungan hidup Indonesia berpesan, "Mari baca, membaca lalu pikir merenung, kemudian tulis apa yang dipikir untuk aksi. Sekali lagi, baca, baca, baca!".

          Pada kesempatan yang sama, Tasya sebagai mantan artis cilik dan duta lingkungan hidup mengatakan, "Aku bermimpi 'sustainable development' bisa diwujudkan bangsa dan masyarakat Indonesia".

         Balon tersebut merupakan simbol dari tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia yaitu, "Mimpi dan Aksi Bersama untuk Keberlanjutan Kehidupan di Bumi", representasi mimpi anak-anak Indonesia untuk menyelamatkan Lingkungan Hidup dan Bumi kita.

         Pelepasan mimpi akan menjadi rantai pesan untuk mewujudkan aksi dari seluruh komponen masyarakat sesuai dengan proporsi masing-masing.

         Balon-balon yang dilepaskan akan jatuh dan diharapkan ditemukan oleh anak-anak atau siapa saja sehingga pesan tersebut bisa dibaca dan diteruskan kepada banyak orang.

         Penemu balon ini juga diharapkan menuliskan pesan yang dialamatkan kepada email: perpustakaan@menlh.go.id; Facebook: Datin Klhk dan Twitter: @DatinKlhk.

    ***3***

Pewarta: Desi Purnamawati

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015