Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu Dempo Xler membagikan cara menentukan pilihan dalam memilih calon anggota legislatif yang berkualitas di Pemilihan Umum Serentak 2024.
 
"Jadi jangan hanya menilai dari baliho atau poster yang dipasang saja, jangan hanya karena melihat foto caleg saja menentukan pilihan," kata Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu Dempo Xler di Bengkulu, Senin.
 
Dia mengatakan masyarakat perlu memeriksa rekam jejak calon anggota legislatif secara detail sebelum memastikan dan menjatuhkan pilihan.
 
Hal pertama, kata dia, tentunya bisa bertanya langsung pada calon yang akan dipilih, atau kepada orang-orang terdekat dari calon anggota legislatif. Kemudian, masyarakat agar memeriksa lagi rekam jejak peserta pemilu lewat media daring.
 
"Sekarang informasi tersedia di internet, di media sosial ada, periksa, sekarang semuanya punya gawai, telepon pintar kan. Jangan percaya hanya karena dia bagi sembako pas kampanye ini saja, lalu malah langsung menjatuhkan pilihan," kata dia.
 
Menurut Dempo, anggota legislatif yang terpilih mestinya sosok-sosok berkualitas, memiliki kapabilitas dan berkompeten. Dengan begitu, bagi mereka yang terpilih benar-benar memperjuangkan aspirasi dan harapan rakyat, serta daerah.
 
"Itu lah pentingnya melihat rekam jejak calon anggota legislatif, bukan melihat foto di baliho atau poster saja, umumnya fotonya malah tidak sesuai dengan aslinya, pas dilihat aslinya tidak sebagus di foto. Foto di alat peraga kampanye itu, para caleg bersolek (agar tampil menarik, untuk menarik minat pemilih)," kata Dempo.
 
Oleh karena itu, masyarakat menurut dia tidak akan mendapatkan informasi yang komprehensif kalau hanya melihat calon legislatif dari baliho atau poster dan alat peraga saja. Sebab itu, Dempo mengatakan penting mencari informasi latar belakang dan rekam jejak caleg sebelum memilih.

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023