Bengkulu (Antara) - Harga ikan laut yang dijual di pasar tradisional Kota Bengkulu mengalami lonjakan harga akibat minimnya pasokan dari nelayan setempat.

"Sudah tiga hari ini harga ikan laut melonjak tajam bahkan kami kesulitan dapat ikan untuk dijual," kata Hasanah, pedagang ikan segar di Pasar Tradisional Pasar Minggu Kota Bengkulu, Senin.

Ia mengatakan tingginya harga beli ikan dari nelayan membuat harga jual yang ditawarkan kepada pembeli juga tinggi.

Harga ikan kape-kape yang biasanya Rp35 ribu per kilogram naik menjadi Rp50 ribu per kilogram, ikan gebur naik dari Rp40 ribu menjadi Rp60 ribu per kilogram, ikan sisik dari Rp20 ribu menjadi Rp30 ribu per kilogram.

"Kenaikan sangat tinggi mencapai Rp10 ribu sampai Rp20 ribu per kilogram," ucapnya.

Ketua Kelompok Nelayan Muda Mandiri Kelurahan Pondok Besi Kota Bengkulu, David mengatakan minimnya pasokan ikan dari nelayan karena cuaca tidak mendukung untuk melaut.

"Dua hari lalu tiba-tiba gelombang tinggi saat subuh sehingga banyak kapal dan jaring nelayan yang bersandar di pinggir laut rusak," katanya.

Sebelumnya kata dia beberapa hari lalu terjadi badai di perairan Bengkulu sehingga nelayan tidak berani melaut sebab ketinggian ombak mencapai tiga meter.

David membenarkan pasokan yang minim membuat harga ikan melonjak tinggi, seperti ikan dencis yang biasanya dijual Rp15 ribu menjadi Rp25 ribu dan ikan belato biasanya Rp20 ribu per kilogram menjadi Rp35 ribu per kilogram.***3***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015