Komando Distrik Militer (Kodim) 0409/Rejang Lebong yang membawahi tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu menyelesaikan pembangunan sarana air bersih dalam Program TNI AD Manunggal Air Bersih untuk warga Desa Lawang Agung, Kabupaten Rejang Lebong.

Komandan Kodim 0409/Rejang Lebong Letkol Inf Moch Renaldy Herbowo di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan pembangunan sarana air bersih tersebut dilaksanakan di Dusun 5, Desa Lawang Agung, Kecamatan Sindang Beliti Ulu, Kabupaten Rejang Lebong di mana warga setempat selama ini kesulitan mendapatkan air bersih.

"Pembangunan sarana air bersih ini sudah rampung dan telah kita resmikan pemakaiannya pada tanggal 20 November 2023 kemarin yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia," kata dia.

Dia menjelaskan selama ini 60 kepala keluarga (KK) di Dusun 5, Desa Lawang Agung untuk mendapatkan air bersih harus mengambil dari sungai dengan menggunakan jeriken dan harus berjalan kaki atau menggunakan sepeda motor hingga 4 km dari tempat mereka.

Dusun 5, Desa Lawang Agung, kata dia, berada di perbukitan sehingga tidak memungkinkan untuk dibuatkan sumur galian maupun sumur bor, sehingga alternatifnya melalui pemasangan pompa hidran.

Setelah dilakukan pemasangan pompa hidra ini, maka air bersih yang berasal dari mata air Sungai Tak Tung yang posisinya berada di dalam jurang sedalam 400 meter bisa dialirkan ke tengah dusun tersebut.

Dia mengatakan warga dusun tersebut saat ini tidak perlu lagi jauh-jauh untuk mendapatkan air bersih untuk minum, mandi, dan mencuci. Mereka sudah bisa mendapatkannya tidak jauh dari rumah mereka.

Kepala Desa Lawang Agung Adi Bing Selamet mengucapkan terima kasih kepada pihak Kodim 0409/Rejang Lebong bersama jajaran karena sudah membantu warganya menyediakan sarana air bersih.

"Selama ini warga masyarakat yang tinggal di Dusun 5 mengambil air untuk kebutuhan sehari hari terpaksa ke Desa Lawang Agung tiap pagi dan sore menggunakan jeriken dan dibawa dengan motor, di Dusun 5 ini tidak ada sumur karena berada di ketinggian," katanya.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023