Bengkulu (Antara) - Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah mengusulkan penambahan jadwal penerbangan rute Kota Bengkulu-Pulau Enggano yang dilayani maskapai penerbangan Susi Air dari dua kali sepekan menjadi tiga kali.

"Permintaan terhadap transportasi udara ke pulau terluar itu bertambah, jadi kami sudah usulkan penambahan jadwal menjadi tiga kali sepekan," kata Gubernur Junaidi di Bengkulu, Selasa.

Ia mengatakan usulan penambahan jadwal penerbangan tersebut sudah disampaikan langsung ke Kementerian Perhubungan dan maskapai penerbangan Susi Air.

Saat ini penerbangan ke pulau terluar berjarak 106 mil laut dari Kota Bengkulu dilayani sebanyak dua kali dalam sepekan yakni setiap Senin dan Jumat. Penerbangan tersebut menggunakan pesawat dengan kapasitas penumpang sebanyak 12 orang.

Sebelumnya Kepala Desa Banjarsari Kecamatan Enggano, Julian Sinus saat dihubungi dari Bengkulu mengatakan masyarakat juga meminta penambahan jadwal penerbangan karena akses transportasi ke Pulau Enggano masih terbatas.

Selama ini kata dia, untuk mengakses pulau terluar berjarak 106 mil laut dari Kota Bengkulu itu, masyarakat hanya mengandalkan kapal laut.

Dua kapal yang selama ini melayani pelayaran yakni kapal feri dengan jadwal dua kali dalam sepekan dan kapal perintis yang berlayar sekali dalam 15 hari ke pulau itu.

Dengan keberadaan angkutan udara, Julian mengatakan transportasi masyarakat semakin bertambah, namun jumlah penerbangan perlu ditambah.

"Apalagi Pulau Enggano memiliki potensi wisata bahari dan alam yang sangat menarik bagi wisatawan asing," kata dia.***1***   

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015