Rejanglebong (Antara) - Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, menyiapkan 214 ekor sapi untuk memenuhi kebutuhan daging di daerah itu selama Lebaran 2015.

"Berdasarkan pendataan petugas di lapangan saat ini ternak sapi yang sudah siap potong sebanyak 214 ekor. Ternak sapi ini merupakan milik 12 pengusaha sapi potong yang tersebar 15 kecamatan di Rejanglebong," kata Kepala Disnakan Rejanglebong, Amrul Eby bertempat di Pemkab Rejanglebong, Jumat.

Kebutuhan daging sapi menjelang Idul Fitri 1436 Hijriah di daerah tersebut, kata dia, diperkirakan mencukupi mengingat stok yang ada ini belum ditambah milik warga yang akan dipotong secara perorangan guna dipasarkan dalam di kecamatan masing-masing.

Untuk memastikan ketersediaan dan mutu daging yang dijual pedagang mendakati lebaran nanti, pihaknya akan melakukan pemeriksaan ke pasar tradisional yang ada di daerah itu.

Selain itu pemantauan ini juga akan dilakukan di rumah pemotongan hewan (RPH) dan pemotongan yang dilakukan di 15 kecamatan, hal ini mereka lakukan guna memastikan keabsahan sapi yang akan dipotong juga harus dilengkapi dengan surat keterangan dari dokter hewan.

Kemudian pemotongannya juga harus memerhatikan kesehatan ternak serta pemotongannya harus dilakukan sesuai dengan syariat Islam.

"Sebelum dipotong ternak ini harus menjalani cek kesehatan dari dokter hewan serta harus memiliki surat keterangan, pemotongannya juga harus dilakukan di RPH sehingga bisa menjamin kualitasnya dan pemotongannya juga bisa memberikan kontribusi untuk daerah dalam bentuk PAD," ujarnya.

Sementara itu untuk menjaga populasi ternak sapi atau kerbau pihaknya meminta kalangan peternak dan pengusaha daging agar tidak memotong sapi betina dalam usia produktif yang usianya di bawah dua tahun.***3***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015