Bengkulu (Antara) - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Bengkulu tidak menaikkan tarif kapal laut Pulo Tello yang melayani Kota Bengkulu menuju Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara saat arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah.

"Tidak ada kenaikan tarif karena baru dinaikkan tahun ini," kata Kepala Bidang Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Bengkulu Budi Djatmiko di Bengkulu, Selasa.

Ia mengatakan tarif kapal laut menuju Pulau Enggano sudah dinaikkan pada Maret 2015 dengan kenaikan mencapai 10 hingga 20 persen.

Untuk angkutan penumpang, kenaikan tarif di bawah 10 persen, sedangkan untuk kendaraan roda dua dan empat kenaikan mulai dari 10 hingga 20 persen.

"Untuk tarif penumpang sebelumnya Rp54.000 per orang, naik menjadi Rp59.000 per orang," tuturnya.

Sedangkan sepeda motor naik dari Rp95.000 menjadi Rp137.000 per unit dan kendaraan roda empat naik dari Rp1,1 juta menjadi Rp1,3 juta per unit, sedangkan tarif truk tertinggi sebesar Rp 1,9 juta sesuai golongan kendaraan.

Budi mengatakan pelayaran kapal feri Pulo Tello yang melayani transportasi warga di pulau terluar Enggano mendapat subsidi dari pemerintah. Kontrak pelayaran selama 2015 mencapai 172 trip. Jadwal pelayaran sebanyak dua kali dalam sepekan.

Selain melayani penumpang orang dan kendaraan, kapal itu juga menjadi sarana transportasi mengangkut bahan bakar minyak ke pulau berpenghuni lebih 3.000 jiwa itu.

Ia menambahkan pada arus mudik tahun ini, angkutan kapal penumpang menuju Pulau Enggano dilayani dua kapal yakni Pulo Tello dan kapal perintis Sabuk Nusantara.***1***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015