Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menerima pengiriman 141.273 lembar surat suara untuk Pemilihan Presiden 2024 dengan surat suara ini tiba pada Jumat (8/11) malam dan langsung disimpan di gudang KPU Mukomuko sebelum menjalani proses pelipatan.

"Kami sudah menerima pengiriman surat suara untuk Pilpres 2024 Jumat malam tadi sekira pukul 00.00 WIB," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mukomuko Deni Setiabudi di Mukomuko, Sabtu. 

Menurut dia, jumlah surat suara Pasangan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) untuk daerah ini mencapai 141.273 lembar yang terbagi dalam 71 kotak.

Sebanyak 70 kotak berisi 2.000 lembar surat suara masing-masing, sementara satu kotak berisi 1.273 lembar surat suara, dan ada satu kotak tambahan berisi 1.000 lembar surat suara untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Surat suara PPWP disimpan di Kelurahan Koto Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko dan keamanannya dijaga kepolisian resor setempat.

Ia mengatakan surat suara tersebut akan disortir oleh petugas KPU guna diperiksa apakah ada surat suara yang rusak. Proses pelipatan surat suara akan dilakukan setelah menerima instruksi dari KPU Pusat.

"Rencananya hari ini surat suara PPWP itu disortir petugas KPU untuk melihat ada atau tidak surat suara yang rusak. Kalau pelipatan surat suara tersebut, belum sekarang karena kita masih menunggu instruksi dari KPU RI," ujarnya. 

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mukomuko, Teguh Wibowo, mengonfirmasi kedatangan surat suara PPWP pada pukul 00.00 WIB di Mukomuko dan proses serah terima berlangsung lancar.

Ia juga mencatat bahwa terdapat 72 kotak yang dibongkar, sesuai dengan jumlah riil dari pabrik. Selain itu, sudah disiapkan seribu lembar surat suara ekstensi dan dua persen surat suara cadangan.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023