Perum Bulog Cabang Rejang Lebong yang membawahi tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu saat ini menyiapkan beras sebanyak 711,5 ton yang diperkirakan mencukupi untuk kebutuhan masing-masing daerah untuk beberapa waktu ke depan.

Kepala Perum Bulog Cabang Rejang Lebong Guslindawati saat dihubungi di Rejang Lebong, Senin, mengatakan bahan kebutuhan pokok yang disiapkan itu selain beras untuk kebutuhan pelayanan sosial atau PSO dengan kualitas medium, ada pula beras komersial kualitas premium, juga ada minyak goreng kemasan, gula pasir, dan daging kerbau beku.

"Stok beras yang ada di Gudang Bulog Cabang Rejang Lebong ini diperkirakan mencukupi untuk kebutuhan masyarakat di tiga kabupaten hingga awal tahun 2024 mendatang," kata dia.

Dia menjelaskan stok bahan kebutuhan pokok yang ada di Gudang Bulog Cabang Rejang Lebong saat ini di antaranya, beras PSO sebanyak 703 ton, kemudian beras komersial sebanyak 8,5 ton.

Selanjutnya daging kerbau beku sebanyak 5,7 ton, gula pasir sebanyak 16 ton, dan minyak goreng kemasan sebanyak 5.420 liter.

Dengan stok yang ada itu, kata dia, masyarakat di tiga kabupaten di wilayah kerja Bulog Rejang Lebong yang meliputi Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang, dan Lebong tidak perlu merasa khawatir, bahkan jika stok ini dianggap kurang mereka akan segera mengajukan penambahan.

"Stok yang ada ini akan ada penambahan untuk beras PSO sebanyak 867 ton, kemudian terigu 2,5 ton dan minyak goreng kemasan sebanyak 26.400 pcs, dengan ukuran 0,9 liter per pcs," terangnya.

Menurut dia, untuk beras Bulog kualitas medium selain digunakan untuk pelayanan publik atau PSO dan bantuan sosial juga untuk program stabilitas pasokan dan harga pangan (SPHP) atau operasi pasar guna mencegah kelangkaan serta kenaikan harga beras.

Untuk pengendalian harga beras dalam tiga kabupaten Bulog Rejang Lebong memasok kebutuhan sejumlah pasar dalam Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang, dan Lebong guna memenuhi kebutuhan stok pedagang beras sebanyak 2 ton per pekan untuk setiap pedagang.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023