Rejanglebong,  (Antara) - Pembelian beras petani oleh Bulog Curup, Provinsi Bengkulu, yang membawahi Kabupaten Rejanglebong, Kepahiang dan Lebong, hingga Juni 2015 mencapai 1.080 ton dari target 2.500 ton.

"Kami optimistis dapat terpenuhi kendati target tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun 2014 yang hanya 2.000 ton," kata Kepala Sub Divre Bulog Curup, Armansyah di Rejanglebong, Kamis.

Pembelian beras petani dalam tiga kabupaten di bawah naungan Bulog Curup yang sudah terealisasi tersebut, kata dia, di antaranya pada April sebanyak 255 ton, kemudian Mei 450 ton dan Juni sebanyak 375 ton.

Pengadaan beras dari petani ini selain untuk pemenuhan kebutuhan penyaluran beras bantuan masyarakat miskin (raskin) juga sebagai stok kebutuhan masyarakat terutama untuk pelaksanaan operasi pasar.

Pembelian beras petani oleh pihak Bulog tersebut, kata dia, ditetapkan berdasarkan Inpres No.5/2015 tentang tentang Kebijakan Pengadaan Gabah/Beras dan Penyaluran Beras dibeli sesuai dengan HPP sebesar Rp7.300 per kg.

Di dalam Inpres ini selain mengatur HPP beras dari petani juga menyebutkan pembelian gabah dan beras dalam negeri adalah diantaranya untuk pembelian gabah kering panen (GKP) dalam negeri ditingkatan petani dengan harga Rp7.300 per kg, harga pembelian ditingkatan pengglingan Rp3.750 per kg.

Selanjutnya, harga pembelian gabah kering panen (GKP) ditingkat penggilingan dalam negeri sebesar Rp 4.600 per kilogram dan harga pembelian di gudang Bulog seharga Rp4.650 per kg.

Sedangkan kualitas beras yang akan dibeli ini, tambah dia, juga harus memenuhi persyaratan, seperti kualitas kadar air maksimum 14 persen, butir patah maksimum 20 persen, kadar menir maksimun dua persen dan derajat sosoh minimum 95 persen.

Kendati beratnya persyaratan yang ditentukan dalam program penyerapan beras petani oleh pemerintah tersebut, namun pihaknya, kata dia, terus menyosialisasikannya ke petani dan kelompok petani yang selama ini menjadi mitra Bulog di dalam tiga daerah sehingga nantinya dapat menimbulkan kesadaran petani untuk menjual berasnya ke Bulog. ***3***



Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015