Rejanglebong (Antara) - Wakil Bupati Kabupaten Rejanglebong Provinsi Bengkulu, Syafewi mengimbau masyarakat setempat untuk memeriksa rumah masing-masing sebelum mudik ke kampung halaman.

"Sebelum mudik warga diminta untuk memeriksa rumahnya apakah sudah terkunci dengan baik, kemudian memastikan kompor dan peralatan elektronik yang masih menyalah. Selain itu pemudik juga harus memastikan rumahnya tidak kosong menimal ada yang mengawasi atau menjaganya pada malam hari," kata Wabup Syafewi di Rejanglebong, Selasa.

Imbauan kepada pemudik di daerah tersebut disampaikan guna menghindari terjadinya kebakaran rumah saat ditinggalkan pemiliknya mudik lebaran, serta adanya aksi pencurian rumah tinggal.

Kalangan PNS di daerah itu sendiri, tambah dia, berasal dari berbagai daerah di Tanah Air dan setiap tahunnya masih melakukan perjalanan keluar daerah dalam rangka bersilahturahmi dengan keluarganya di kampung halaman atau pun PNS yang sengaja berlebaran ke luar daerah.

Sementara itu terkait dengan libur panjang hari Idul Fitri 1436 Hijriyah, kata dia, kalangan PNS di daerah itu juga diminta untuk tidak menambah jadwal libur yang telah ditentukan.

"Diharapkan kalangan PNS di lingkungan Pemkab Rejanglebong untuk tidak menambah jadwal liburan Idul Fitri di luar ketentuan yang sudah diputuskan pemerintah, dan semuanya pada 22 Juli sudah masuk kerja. Pada hari pertama dan kedua lebaran ini Pemkab Rejanglebong akan melakukan Sidak ke masing-masing SKPD," ujarnya.

Untuk kalangan PNS yang mangkir kerja pada hari pertama dan kedua setelah libur panjang hari raya tambah dia, akan dikenakan sanksi disiplin pegawai mulai dari penundaan kenaikan pangkat hingga penurunan pangkat.

Libur panjang Idul Fitri 1436 Hijriyah kali ini, tambah dia, selama enam hari terhitung 16-21 Juli, hal ini diatur dalam surat edaran Bupati Rejanglebong tertanggal 9 Juli 2015, tentang hari libur PNS untuk lebaran dan cuti bersama ini ditujukan kepada kepala dinas/kantor/badan, sekertariat DPRD, sekertariat KPU, camat, kepala bagian, RSUD, para lurah di lingkungan sekertariat Pemkab Rejanglebong.***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015