Rejanglebong,  (Antara) - Kepala Kepolisian Resor Rejanglebong Provinsi Bengkulu,AKBP Dirmanto menyebutkan arus mudik Idul Fitri 1436 Hijriyah di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, Provinsi Sumsel, saat ini masih kondusif.

"Hingga H-2 lebaran Idul Fitri 1436 Hijriyah, arus mudik yang melintas di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, Sumsel, masih kondusif. Untuk memastikan situasi ini sudah petugas yang ditempat di dua Pos Pengamanan yang ditempatkan di Pospam Desa Simpang Beliti Kecamatan Binduriang dan Pospam di Desa Tanjung Aur Kecamatan Sindang Kelingi," kata Kapolres Rejanglebong itu, di Rejanglebong, Rabu.

Pengamanan arus mudik di jalan lintas penghubung Provinsi Bengkulu dengan Sumsel serta daerah-daerah lainnya itu kata dia, menjadi perhatian khusus Polda Bengkulu dalam memberikan keamanan dan kenyamanan pemudik yang akan lewat di kawasan yang selama ini dikenal rawan tindak kejahatan tersebut.

Di dua Pospam ini tambah dia, ditempatkan puluhan petugas gabungan dari Polri dan TNI serta anggota Brimob dan petugas kesehatan yang tergabung dalam Operasi Ketupat Nala 2015.

Kendati belum ditemukan kejadian tindak kejahatan yang selama ini kerap terjadi di kawasan itu berupa aksi perampokan maupun perampasan kendaraan bermotor, namun kalangan pemudik dan pengguna jalan itu diminta tetap waspada.

Untuk kalangan pemudik yang akan melintas di jalan itu tambah dia, agar melakukan perjalanan pada siang hari serta berjalan secara konvoi. Selain itu bagi pemudik yang ragu melintasi jalur ini dapat meminta pengawalan dari petugas di Pospam maupun dari Polsek Padang Ulak Tanding maupun Polsek Sindang Kelingi.

"Selain petugas di Pospam juga ada dua unit kendaraan patroli Brimob dan kendaraan bermotor yang melakukan patroli rutin, sehingga sejumlah titik yang dianggap rawan yang posisinya jauh dari Pospam dapat diawasi," ujarnya.

Selain mendirikan dua Pospam di kawasan rawan kejahatan dan kecelakaan lalulintas Polres Rejanglebong kata dia, juga mendirikan dua Pos Pelayanan yang ditempatkan dikawasan wisata dan dalam perkotaan, diantaranya di kawasan Danau Mas Harun Bestari di Kecamatan Sindang Kelingi dan satu pos lagi berada di kawasan wisata Suban Air Panas serta satu pos lagi didirikan di Pasar Bang Mego Kecamatan Curup.

Pada pengamanan lebaran ini petugas di lapangan diperintahkan melakukan tindakan tegas kepada pelaku tindak kejahatan yang meresahkan pengguna jalan lintas Curup-Lubuklinggau yakni perintah tembak di tempat.***2***



Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015