Kepolisian Resor Rejang Lebong, Bengkulu, menerjunkan 185 personel gabungan untuk pengamanan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di wilayah itu.

"Operasi Lilin Nala 2023 Polres Rejang Lebong ini melibatkan 185 personel gabungan, yang berasal dari TNI/Polri dan Pemkab Rejang Lebong, Pramuka, dan Senkom," kata Kapolres Rejang Lebong AKBP Juda Trisno Tampubolon usai memimpin apel gelar pasukan Operasi Lilin Nala 2023 di Mapolres Rejang Lebong, Kamis.

Dia menjelaskan, pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang disiapkan berasal dari Polres Rejang Lebong dan jajaran, Brimob Polda Bengkulu, Kodim 0409/Rejang Lebong, personel Pemkab Rejang Lebong, Pramuka, Orari, dan Sentra Komunikasi (Senkom).

Personel gabungan yang terlibat dalam Operasi Lilin Nala 2023 tersebut, kata dia, akan bertugas 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024 dengan fokus pengamanan di tempat ibadah umat Kristiani dan tempat-tempat keramaian malam pergantian tahun serta lokasi wisata dan lainnya.

Menurut dia, untuk pengamanan di gereja petugas gabungan baik yang berseragam maupun pakaian preman ini akan ditempatkan di dalam maupun di luar gereja, pengunjung yang akan masuk ke dalam gereja terlebih dahulu akan menjalani pemeriksaan dengan menggunakan alat metal detektor.

Sementara itu untuk memberikan rasa aman pada perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, tambah dia, selain akan dilakukan pengamanan di gereja-gereja yang ada di daerah itu, juga didirikan lima pos polisi.

Pos polisi pengamanan Natal dan tahun baru ini di antaranya pos pelayanan berada di Pasar Bang Mego Curup, kemudian lokasi wisata Danau Mas Harun Bastari di Kecamatan Selupu Rejang.

Seterusnya Pos Pengamanan didirikan di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, Sumsel, diantaranya di lokasi wisata Tebing Suban, Kecamatan Curup Timur. Kemudian di sawangan Desa Pelalo, Kecamatan Sindang Kelingi, dan Pos Kontainer di Kecamatan Binduriang.

Dia berharap perayaan Nataru di Kabupaten Rejang Lebong nantinya bisa berjalan aman dan damai, sehingga kehidupan bermasyarakat di wilayah itu tidak terganggu.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023