Arus kendaraan umum yang keluar dan masuk di Terminal Tipe A Simpang Nangka Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, pada musim liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 mengalami peningkatan hingga 30 persen dari hari biasanya.

Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat Kelas III Bengkulu Teguh Ilman Santoso saat meninjau Terminal Tipe A Simpang Nangka di Rejang Lebong, Senin, mengatakan telah mendirikan pos pemantauan arus mudik liburan Natal dan Tahun Baru sejak 19 Desember hingga 3 Januari 2024 mendatang.

"Untuk arus penumpang dan kendaraan umum yang keluar masuk ke Terminal Tipe A Simpang Nangka saat ini sudah terjadi peningkatan hingga 30 persen dari hari biasanya," kata dia.

Peningkatan arus penumpang ini dinilainya masih normal, dan semuanya bisa terangkut oleh armada bus yang masuk ke terminal di daerah itu.

Menurut dia, peningkatan arus penumpang dan kendaraan umum yang masuk mau pun keluar dari terminal daerah tersebut baik dari arah Kota Bengkulu maupun sebaliknya terjadi pada tujuan daerah tertentu saja.

"Pada tujuan-tujuan tertentu seperti ke Medan itu mengalami peningkatan dibandingkan dengan tujuan daerah tujuan lainnya, karena banyak warga yang akan merayakan Natal dan Tahun Baru di sana," terangnya.

Untuk memastikan kelancaran dan keselamatan penumpang yang akan mudik liburan akhir tahun ini, pihaknya selalu melakukan pemeriksaan armada bus yang masuk maupun keluar dari terminal itu.

Pada musim liburan kali ini Balai Pengelolaan Transportasi Darat Kelas III Bengkulu juga menyiapkan rest area di lokasi Jembatan Timbang yang berada di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau tepat di Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT).

"Selama libur Natal dan Tahun Baru 2024 ini jembatan timbang PUT ditutup sementara dan dijadikan rest area, masyarakat yang mudik dan melewati Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau dapat beristirahat di sana," demikian Teguh Ilman Santoso.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023