Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu memberikan pembekalan kepada puluhan saksi peserta Pemilu 2024 di wilayah itu.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (P3S) Bawaslu Rejang Lebong Merliyanto A Gumay usai menggelar penguatan kapasitas saksi Pemilu 2024 di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan pemungutan suara Pemilu 2024 di wilayah itu akan dilaksanakan di 816 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar dalam 156 desa/kelurahan.

"Peningkatan kapasitas khusus saksi dari partai politik peserta Pemilu 2024 ini agar mereka mengetahui tugas dan wewenang serta fungsi saksi ketika melakukan tugasnya di tempat pemungutan suara nantinya," kata dia.

Dia menjelaskan, saksi dari 18 parpol, kemudian dari calon DPD daerah pemilihan Provinsi Bengkulu yang menjadi peserta Pemilu 2024 ini diberikan pengetahuan seputaran pelaksanaan pemungutan dan penghitungan maupun rekapitulasi perolehan suara.

Pada kegiatan penguatan kapasitas saksi parpol peserta Pemilu 2024 ini, kata dia, juga diikuti oleh utusan dari organisasi masyarakat serta petugas pengawas pemilihan kecamatan panwascam) dari 15 kecamatan di Rejang Lebong.

Para saksi dari parpol yang ada di wilayah itu selain diberikan pengetahuan dari Bawaslu Rejang Lebong juga akademisi dari UIN Fatmawati Bengkulu dengan materi pengawasan tahapan pungut hitung Pemilu 2024, serta praktisi hukum Provinsi Bengkulu yang menyajikan materi mekanisme pelaporan pelanggaran pemilu.

Dia berharap kegiatan penguatan kapasitas saksi parpol, saksi calon DPD yang menjadi peserta Pemilu 2024 yang dilaksanakan pihaknya itu dapat mengetahui tugas masing-masing saat pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024.

"Peserta yang ikut penguatan kapasitas saksi ini nantinya bisa memberikan pengetahuan yang diperolehnya kepada para saksi-saksi lainnya di parpol yang bersangkutan," ujarnya.

Pada sesi akhir kegiatan penguatan saksi oleh Bawaslu Rejang Lebong ini diisi dengan simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan aplikasi Sirekap oleh staf KPU Rejang Lebong.
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023