Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu tahun ini menyiapkan anggaran sebesar Rp1,7 miliar untuk program umrah gratis bagi masyarakat daerah itu.

Kabag Kesejahteraan Rakyat Pemkab Rejang Lebong, Herwin Wijaya Kusumah, di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan umrah gratis tersebut merupakan program unggulan bidang keagamaan sesuai dengan visi misi Bupati Syamsul Effendi dan Wakil Bupati Hendra Wahyudiansyah pada pilkada serentak 2020.

"Pemkab Rejang Lebong pada tahun ini kembali menyiapkan anggaran sebesar Rp1,7 miliar untuk program umrah gratis dengan kuota sebanyak 50 orang," kata dia.

Dia menjelaskan, pembiayaan program umrah gratis itu sendiri sudah disahkan DPRD setempat dan telah dianggarkan dalam APBD Kabupaten Rejang Lebong Tahun 2024.

Masyarakat yang akan menjadi peserta umrah gratis, kata dia, adalah perangkat agama termasuk masyarakat berprestasi yang telah mengharumkan Kabupaten Rejang Lebong.

"Karena kuota yang akan mengikuti program tahun 2024 terbatas, maka yang berangkat juga akan melalui seleksi. Seleksi akan dimulai dari tingkat kecamatan yang mengusulkan," terangnya.

Menurut dia, proses seleksi program umrah gratis ini diprakirakan akan dimulai pada Maret, di mana para calon peserta diusulkan oleh 15 kecamatan yang kemudian berkasnya akan disampaikan ke panitia tingkat kabupaten. Pemberangkatan dijadwalkan pada Juni 2024.

Program umrah gratis bagi masyarakat Rejang Lebong ini sudah memasuki tahun ketiga. Pada 2023 juga telah dilaksanakan dengan peserta sebanyak 50 orang yang berasal dari 15 kecamatan di Rejang Lebong.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024