Bengkulu (Antara) - Satu kuntum bunga rafflesia jenis arlnodii ditemukan mekar di kawasan Hutan Lindung Boven Lais, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu.

"Kami menemukan satu kuntum yang mulai mekar dan besok (7/8) diperkirakan mekar sempurna," kata anggota Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Utara, Bengkulu, Kamis.

Ia mengatakan lokasi bunga mekar tidak jauh dari jalur menuju kawasan wisata air terjun Kemumu yang merupakan objek wisata andalan di daerah itu.

Saat ditemukan kata Budi, diameter bunga sekira 75 centimeter dan diperkirakan mekar sempurna pada Jumat (7/8) dan dapat dinikmati hingga lima hari ke depan.    

"Pengunjung tidak perlu berjalan jauh ke dalam hutan, karena jarak bunga dari pintu masuk hanya 20 meter," katanya.

Lokasi wisata air terjun Kemumu dapat ditempuh dalam waktu satu setengah jam dari Kota Bengkulu.

Objek wisata Kemumu di HL Boven Lais dikelola anggota kelompok pemuda karang taruna Tirta Arga Kelurahan Kemumu Kabupaten Bengkulu Utara.

"Lokasi habitat rafflesia ini baru kami temukan tiga bulan lalu, dan saat ini sudah ada yang mekar dan beberapa bonggol calon bunga," katanya.

Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Sofian Ramadhan mengatakan keberadaan habitat bunga rafflesia di HL Boven Lais menambah titik lokasi keberadaan bunga rafflesia di Bengkulu yang sudah dipetakan kelompok itu.

"Jadi saat ini ada empat lokasi yang menjadi habitat andalan, salah satunya di Hutan Lindung Boven Lais," ucapnya.

Sebelumnya KPPL sudah memetakan tiga lokasi habitat rafflesia di wilayah Bengkulu yakni di Hutan Lindung Bukit Daun di Kabupaten Kepahiang, Cagar Alam Taba Penanjung di Kabupaten Bengkulu Tengah dan kawasan hutan di Kabupaten Kaur.

Selain jenis arnoldii kata Sofian, ada tiga jenis rafflesia lainnya yang tumbuh di hutan Bengkulu yakni jenis Rafflesia hasselti, Rafflesia gadutensis dan Rafflesia bengkuluensis.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015