Mukomuko (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, berencana menambah sekitar 15 tempat pemungutan suara untuk pemilihan kepala daerah yang akan digelar secara serentak Desember 2015.

"Kita tambah sekitar 15 tempat pemungutan suara (TPS) sesuai dengan usulan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamata (PPK)," kata Ketua KPUD Kabupaten Mukomuko Dawud Gauraf di Mukomuko, Senin.

Ia mengatakan, penambahan belasan TPS itu di wilayah yang banyak jumlah pemilihnya. Jumlah pemilih di TPS tersebut tercatat sudah lebih dari sebanyak 800 mata pilih.

Selain itu, katanya, di wilayah yang sulit dijangkau di daerah itu atau jarak tempuh pemukiman penduduk di wilayah itu ke TPS cukup jauh.

"Dari pada nantinya warga tidak memilih lebih baik jumlah TPS kita tambah," ujarnya.

Ia mengatakan, penambahan TPS tersebut merupakan usulan dari bawah di tingkat PPS dan PPK. Setelah mereka melakukan pleno penambahan TPS itu baru KPUD memberitahukan penambahan TPS itu ke KPU provinsi.

Wilayah yang diusulkan ditambah jumlah TPS, sebutnya, di beberapa desa di Kecamatan Teramang Jaya, sekitar empat TPS di Kecamatan Kota Mukomuko.

Kemudian, lanjutnya, satu TPS di desa yang masuk dalam areal perusahaan perkebunan seperti di PT Agromuko Sungai Kiang Estate, PT Agromuko Bunga Tanjung Estate, dan di PT Dari Darma Pratama (DDP).

"Termasuk di Kecamatan Malin Deman karena di wilayah itu sulit dijangkau," ujarnya.

Ia memastikan, penambahan jumlah TPS itu tidak mengurangi dan mengganggu anggaran untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) karena dari awal jumlah TPS saat Pemilihan Legislatif di daerah itu sebanyak 388 TPS.

"Saat Pilkada ini kita kurangi jumlahnya menjadi 288 TPS. Sehingga tidak masalah kalau ditambah lagi sekitar 15 TPS," ujarnya lagi. ***2***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015