Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyiapkan desain untuk pembangunan dua jembatan rusak akibat banjir di daerah ini.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko Ruri Irwandi di Mukomuko, Kamis, mengatakan Tim Verifikasi BNPB telah melakukan pengecekan jembatan yang rusak akibat banjir di daerah ini.
 
"Kini tinggal final-nya. Gambar dan desain jembatan dibuat oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mukomuko, lalu tinggal lagi rencana Dinas PUPR berapa kebutuhan anggaran. Nanti mereka memverifikasi lagi," ujarnya.
 
Ia mengatakan, instansinya mengusulkan dana sebesar Rp31 miliar yang bersumber dari dana rehab rekon untuk pembangunan dua jembatan rusak akibat banjir kepada BNPB.
 
Pemerintah daerah mengusulkan pembangunan dua jembatan di Desa Pondok Lunang, Kecamatan Air Dikit dan jembatan di Desa Tirta Mulya, Kecamatan Air Rami.
 
Setelah selesai pembuatan desain jembatan rusak tersebut, tim dari instansi teknis akan melakukan pengecekan kembali dua jembatan rusak untuk diusulkan pembangunannya kepada BNPB.
 
Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Mukomuko Priyurni sebelumnya mengatakan tim dari BNPB turun untuk melakukan verifikasi atas usulan Pemerintah Kabupaten Mukomuko terhadap rekonstruksi jembatan gantung Desa Pondok Lunang, Kecamatan Air Dikit dan Kecamatan Air Rami.
 
Kemudian pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mukomuko segera melengkapi dokumen yg dibutuhkan, termasuk kajian uji tanah serta menyiapkan Detail Engineering Design (DED).
 
Kemudian pemkab dan tim dari BNPB menggelar rapat pascaverifikasi lapangan, di mana Sekda Mukomuko berkomitmen melengkapi semua usul perbaikan terkait kelengkapan data.
 
Selain itu sekda berharap kepala pelaksana BPBD Bengkulu membantu Pemkab Mukomuko menyukseskan dan membantu memenuhi segala saran perbaikan dari tim verifikasi BNPB.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024