Jakarta (Antara) - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Kabinet Kerja periode 2014-2015, Tedjo Edhy Purdijatno mengatakan selama menjabat sebagai menteri, dirinya telah melaksanakan tugas sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo.

"Saya berserta staf, juga kementerian dan lembaga yang berada di bawah koordinasi Kemenkopolhukam telah melaksanakan kewajiban sesuai dengan apa yang ditugaskan Presiden," ujar Tedjo usai acara serah terima jabatan kepada Menkopolhukam yang baru Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta, Kamis.

Menurut Tedjo, selama dia menjabat, tidak ada masalah koordinasi antara dirinya sebagai menteri dan lembaga atau kementerian di bawahnya.

Karena itu dia tidak mempermasalahkan adanya penilaian-penilaian miring tentang kinerjanya dalam melakukan komunikasi dengan para bawahannya.

"Terserah siapa yang menilai seperti itu. Yang jelas saya salut dan acungi jempol untuk semua kementerian serta lembaga di bawah Kemenkopolhukam dan saya yakin selanjutnya akan lebih baik," tutur politisi Partai Nasdem ini.

Namun, jika memang Kemenkopolhukam di masa kepemimpinannya memang melakukan kesalahan, lanjut Tedjo, dirinya siap bertanggung jawab.

"Saya akan mempertanggungjawabkan semuanya kepada Presiden. Tidak ada prajurit yang salah, yang salah adalah komandannya," kata dia.

Tedjo juga tidak mempermasalahkan kebijakan perombakan kabinet oleh Presiden Joko Widodo. Sebagai eksprajurit, dia mengaku sudah terbiasa dengan pergantian-pergantian seperti itu.

"Ini sudah biasa di dunia militer. Tanggapan dari keluarga juga biasa saja," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Tedjo pun tidak lupa mengucapkan selamat kepada Luhut Binsar Pandjaitan yang menggantikan posisinya. Dia mengungkapkan kepercayaan bahwa Luhut dapat mengemban tugas yang dipercayakan dengan sebaik-baiknya.

Ada pun usai menjabat sebagai menteri, Tedjo menuturkan dirinya akan menghabiskan banyak waktu bersama keluarga dan melanjutkan karir sebagai pengajar.

"Saya akan mengajar dan terus memberikan sosialisasi wawasan kebangsaan dan bela negara, karena ini penting untuk rakyat Indonesia," ujarnya.

Acara serah terima jabatan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan dari Tedjo Edhy Purdijatno kepada Luhut Binsar Panjaitan di Kemenkopolhukam, dihadiri beberapa menteri Kabinet Kerja seperti, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti serta Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. ***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015