Sebanyak 45 desa yang tersebar di 11 kecamatan di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun 2024 akan mendapatkan bantuan keuangan sebesar Rp650 juta dari pemerintah daerah setempat.

Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Eka Purwanto di Mukomuko, Selasa, mengatakan, bantuan keuangan yang diterima oleh 45 desa ini bersumber dari satu persen anggaran untuk alokasi dana desa (ADD) tahun 2024 sebesar Rp65 miliar. 

"Jadi bantuan keuangan ini semacam kebijakan dari pemerintah daerah supaya desa itu lebih mandiri lebih mampu mandiri dan tolak ukur kemandirian desa tersebut dilihat dari kinerja desa yang sudah punya pendapatan asli desa (PADes)," ujarnya.
 
Ia menyebutkan, sebanyak 45 desa dari 148 desa di daerah ini sejak tahun 2022 sudah mempunyai PADes dan pendapatannya tersebut masuk dalam APBDes.
 
Sebanyak 45 desa yang sudah punya PADes tersebar di 11 dari 15 kecamatan di daerah ini. Sedangkan desa-desa di empat kecamatan belum ada yang mempunyai PADes, yakni desa di Kecamatan Malin Deman, Selagan Raya, Kota Mukomuko, dan V Koto.
 
Sedangkan pembagian bantuan keuangan ini, katanya, tergantung indeks kinerja ada yang 0,3 dan 0,5. Dari bantuan keuangan sebesar Rp650 juta, masing-masing desa menerima pembagian berkisar Rp13 juta hingga paling besar Rp23 juta.
 
Terkait dengan pengguan bantuan keuangan tersebut, katanya, desa yang menetapkan dan tergantung desa memakai dana untuk apa.
 
Selanjutnya, katanya, penambahan desa yang menerima bantuan keuangan, perhitungannya ADD tahun 2025. Dinas ini menggunakan data tahun 2023.
 
"Kemungkinan tahun 2023 ada penambahan desa yang mempunyai PADes tetapi perhitungannya ADD tahun 2025," ujarnya.
 
Sementara itu, ia mengatakan, instansinya selalu mendorong pemerintah desa menggali potensi yang dapat mendatangkan PADes bagi desanya dan pendapatan itu dimasukkan dalam APBDes.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024