Komando Distrik Militer (Kodim) 0409/Rejang Lebong yang membawahi tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu, akan melakukan pembukaan jalan baru sepanjang 3,8 kilometer di wilayah Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kabupaten Rejang Lebong.

Komandan Kodim 0409/Rejang Lebong Letkol Inf Moch Renaldy Herbowo di Rejang Lebong, Kamis mengatakan pembukaan jalan baru ini akan dilaksanakan dalam program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke 121 yang akan dilaksanakan pada Juni mendatang.

"Jalan yang akan dibuka ini nantinya untuk sentra pertanian, karena di sana banyak perkebunan masyarakat yang selama ini kesusahan untuk mengeluarkan hasil panen," kata dia.

Dia menjelaskan, pembukaan jalan baru tersebut akan memiliki lebar 8 meter dan akan menghubungkan Desa Belumai 2 dengan Belumai 1, Kecamatan Padang Ulak Tanding.

Akses yang menghubungkan kedua desa itu, kata dia, selama ini belum ada. Untuk berhubungan masyarakat kedua desa harus memutar jauh. Jika sudah ada jalan ini maka akan lebih singkat, ujarnya.

Selain melakukan pembukaan jalan baru pada kegiatan TMMD ini pihaknya juga akan membangun plat duicker, pemasangan gorong-gorong, program bedah rumah, kemudian pembangunan mushalla, poskamling, dan kegiatan non fisik lainnya.

Sedangkan untuk personel yang akan terlibat dalam pelaksanaan program TMMD reguler ke 121, tambah dia, jumlahnya mencapai 150 orang yang berasal dari Kodim 0409/Rejang Lebong, TNI AL, Batalyon Infanteri I44 Jaya Yudha, Polres Rejang Lebong dan Pemkab Rejang Lebong.

"Anggaran yang dipercayakan Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong dalam program ini sebesar Rp1,01 miliar," terangnya.

Pada pelaksanaan TMMD kali ini Kodim 0409/Rejang Lebong akan mengedepankan nilai-nilai gotong royong bersama warga, mengingat program itu merupakan kegiatan rutin TNI Angkatan Darat.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024