Mukomuko (Antara) - Peringatan detik-detik proklamasi di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, yang dilaksanakan di Lapangan Kantor Sekretariar Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Senin (17/8) berlangsung khidmat.

Yang bertindak selaku Inspektur Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 70 tahun, Kepala Kepolisian Resor Kabupaten Mukomuko AKBP Andhika Vishnu. Sedangkan untuk pembacaan naskah teks proklamasi dibacakan wakil ketua I DPRD Mukomuko, Ery Zulhayat.

Upacara yang diikuti seribuan peserta yang berasal dari dari PNS dilingkungan Pemkab Mukomuko, karyawan BUMN, dan Perbankan, kemudian anggota TNI dari Koramil Kecamatan Kota Mukomuko, personel Polres Mukomuko, serta ratusan pelajar SD, SMP dan SMA dari 15 kecamatan di daerah itu.

Pada upacara peringatan HUT RI ke 70 kali ini, pihak panitia penyelenggara sebelum peringatan detik-detik proklamasi dilaksanakan juga menyuguhkan pementasan drama teatrikal dari puluhan pelajar SMAN 1 Mukomuko, yang menceritakan perjuangan Jenderal Sudirman saat merebut kemerdekaan dari tangan penjajah Belanda pada 1937-1945.

Sementara itu usai pelaksanaan upacara HUT RI ke 70, Pelaksana Harian Bupati Kabupaten Mukomuko Syafkani memberikan bingkisan kepada veteran dan janda veteran yang telah berjuang dalam mempertahankan kemerdekaan di wilayah itu.

Selain memberikan bingkisan kepada veteran dan janda veteran Pemkab Mukomuko juga menyerahkan penghargaan kepada 130 PNS di daerah itu, berupa penghargaan satyalancana karya untuk pengabdian 10 sampai 30 tahun.

"Penghargaan Satyalancana karya untuk pengabdian 10, 20 dan 30 tahun. Penghargaan ini diberikan sesuai dengan keputusan Presiden RI dalam setiap peringatan HUT Kemerdekaan RI," kata Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Mukomuko Seri Utami usai upacara.

Kepada kalangan PNS yang menerima penghargaan Satyalancana karya tersebut dia berharap, agar kedepannya mereka dapat meningkatkan prestasi dalam bentuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat di daerah itu.

Para penerima penghargaan ini berasal dari dinas/instansi di lingkungan Pemkab Mukomuko salah satunya ialah  Kepala Dinas Kesehatan Edy Rosdi, Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah setempat Seri Yati, dan Kabag Administrasi Pembangun Pemerintah Kabupaten Mukomuko Agus Harpinda.

Kepala Kepolisian Resor Kabupaten Mukomuko AKBP Andhika Vishnu mengatakan dirinya baru pertama menjadi inspektur upacara pengibaran bendera dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI.

Seluruh rangkaian acara, menurutnya, berangsung dengan lancar termasuk pasukan pengibaran bendera merah putih.(Adv)

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015