Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pendidikan yang diterima daerah itu pada Tahun 2024 mencapai Rp19 miliar atau bertambah Rp1 miliar dibandingkan tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Dikbud Rejang Lebong Rezza Pakhlevie di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan sekolah yang menerima DAK bidang pendidikan ini mulai dari tingkat SD dan SMP baik negeri maupun swasta.

"Pagu DAK fisik pendidikan yang diterima Kabupaten Rejang Lebong Tahun 2024 mencapai Rp19 miliar, atau lebih besar dari tahun sebelumnya sebesar Rp18 miliar," kata dia.

Dia menjelaskan, DAK bidang pendidikan yang diterima Kabupaten Rejang Lebong ini akan diterima oleh 16 sekolah terdiri dari sembilan sekolah tingkat SD, dan tujuh sekolah tingkat SMP.

DAK bidang pendidikan yang diterima daerah itu, kata dia, dilaksanakan hingga tuntas sehingga berbagai keperluan di sekolah bisa dipenuhi dalam satu kali pengusulan, karena prinsip DAK pendidikan Tahun 2024 prinsip ketuntasan.

"Prinsip DAK pendidikan Tahun 2024 ini ialah prinsip ketuntasan, jadi berbagai kekurangan ruangan dan sarana prasarana yang dialami sekolah penerima akan dituntaskan dalam satu tahun dan baru bisa mengajukannya kembali setelah lima tahun kemudian," terangnya.

Sejauh ini pelaksanaan kegiatan rehabilitasi maupun pembangunan sarana prasarana pendidikan di sekolah yang menerima DAK bidang pendidikan tahun ini, tambah dia, masih dalam proses perencanaan di Dikbud Rejang Lebong.

"Saat ini kami juga masih menunggu petunjuk teknis atau juknis pelaksanaan sesuai dengan keputusan presiden mengenai penggunaan DAK pendidikan Tahun 2024, setelah itu barulah kita ajukan penerbitan Perbup untuk pelaksanaannya," demikian Rezza Pakhlevie.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024