Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menganggarkan dana sebesar Rp40 juta untuk melakukan perbaikan dan perawatan lampu lalu lintas yang ada di wilayah tersebut.
 
Dana Rp40 juta tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2024 untuk melakukan perbaikan dan perawatan di 15 titik lampu lalu lintas yang berada di Kota Bengkulu.
 
"Dengan Rp40 juta kita upayakan memaksimalkan apa yang ada untuk melakukan perawatan lampu lalu lintas yang ada di Kota Bengkulu," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bengkulu Hendri Kurniawan di Bengkulu, Minggu.
 
Ia menyebutkan, rendahnya anggaran untuk proses perawatan dan perbaikan lampu lalu lintas disebabkan kondisi keuangan daerah yang saat ini difokuskan untuk kegiatan Pemilihan Umum (Pemilu) pada 2024.
 
Dari 15 titik lampu lalu lintas yang ada di Kota Bengkulu, 13 titik atau 80 persen diantaranya masih layak beroperasi, sedangkan yang lainnya membutuhkan perbaikan karena dalam keadaan rusak baik dari mesin hingga tiang yang termakan usia.
 
Untuk titik lampu lalu lintas yang mengalami kerusakan berada di Simpang Balai Buntar dan Simpang Kampung Bali.
 
Dua titik tersebut sebenarnya masih dapat beroperasi, namun tidak maksimal karena termakan usia, sebab rata-rata lampu lalu lintas yang tersebar di Kota Bengkulu sudah berumur 15 hingga 20 tahun.
 
"Karena memang umurnya sudah tua, kita sudah memiliki teknisi yang sudah ahli, tetapi saat rusak nya di suku cadang, harus diganti tentunya," ujar Hendri.
 
Oleh karena itu, Dishub Kota Bengkulu berupaya melakukan pengusulan untuk penambahan lampu lalu lintas atau penambahan suku cadang untuk melakukan perawatan 15 titik tersebut.
 
Sementara itu, Pemkot Bengkulu menganggarkan dana sebesar Rp1,1 miliar untuk pengadaan lampu penerangan jalan umum (PJU) Di wilayah tersebut.
 
Alokasi anggaran lampu jalan sebesar Rp1,1 miliar berasal dari pokir anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sebesar Rp600 juta dan anggaran dari Dishub Kota Bengkulu yaitu Rp500 juta.
 
Pengadaan PJU tersebut dilakukan guna menciptakan Kota Bengkulu yang lebih aman, nyaman bagi masyarakat dan mengurangi insiden kejahatan di malam hari.
 
Terkait dengan jumlah PJU seperti jalan di jalur lingkungan yang akan dilakukan pergantian saat ini masih dalam proses perhitungan dengan target akan selesai pada triwulan pertama 2024.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024