Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyatakan pendistribusian logistik pemilu 2024 yang akan mereka lakukan dipastikan terjaga dengan baik, kendati wilayah itu saat ini tengah musim hujan.

"Pendistribusian logistik pemilu 2024 ini sesuai dengan SOP, baik hujan maupun tidak, saat pengiriman ditutup dengan menggunakan terpal tahan air," kata Ketua KPU Rejang Lebong Ujang Maman usai acara simulasi pemungutan dan penghitungan suara di Lapangan Setia Negara Curup Rejang Lebong, Senin.

Dia menjelaskan, kondisi logistik pemilu 2024 daerah itu saat ini tersimpan baik di Gudang Logistik KPU Rejang Lebong di Kelurahan Batu Galing, Kecamatan Curup Tengah.

Kotak suara yang berisikan logistik pemilu ini, kata dia, mulai tanggal 31 Januari akan segera dikunci, semua jenis logistik sudah dimasukkan semuanya.

"Kotak suaranya akan dikunci, surat suara yang kurang pengiriman dan pengganti yang rusak kemarin juga sudah sampai. Setelah selesai packing nantinya didistribusikan ke 15 kecamatan di Rejang Lebong mulai 10 Februari mendatang," terangnya.

Sementara itu simulasi penghitungan suara serta penggunaan Sirekab Pemilu 2024 yang dilaksanakan di Balai Agung Lapangan Setia Negara Curup yang digelar KPU setempat, kata dia, dilakukan secara serentak di Tanah Air yang tujuannya untuk memberikan gambaran pelaksanaan pemilu nantinya.

Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi saat menghadiri simulasi pemilu ini mengatakan kegiatan itu sangat penting dilaksanakan sebagai gambaran pemilu yang akan berlangsung pada 14 Februari nanti.

"Pada kegiatan sosialisasi ini selain dihadiri petugas penyelenggara juga masyarakat. Masyarakat yang telah ditetapkan sebagai pemilih akan diarahkan oleh petugas dengan penjelasan alur serta tata cara pemungutan suara," ujarnya.

Menurut dia, warga yang nanti masih ragu dalam memilih suara atau terdapat kebingungan, bisa dikoordinasikan dengan para petugas yang telah dibekali pengetahuan tentang pemilu.
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024