Rejanglebong (Antara) - Realisasi pencapaian jumlah peserta program Keluarga Berencana (KB) di Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, hingga Juli mencapai 7.669 akseptor atau 97,63 persen dari target 2015 sebanyak 7.855 akseptor.

"Realisasi peserta KB baru hingga akhir Juli 2015 mencapai 7.669 akseptor atau 97,63 persen dari target tahun ini sebanyak 7.855 akseptor," kata Kepala Badan Kependudukan Keluarga Berencana Daerah (BKKBD) Rejanglebong, Syafri Idris di Rejanglebong, Kamis.

Target KB baru ini meliputi tujuh metode kontrasepsi diantaranya IUD, modus operasi wanita atau MOW, modus operasi pria atau MOP, penggunaan kondom, implant, KB suntik dan penggunaan pil KB.

Pencapaian target peserta KB baru di daerah tersebut, kata dia, antara lain IUD sebanyak 349 akseptor dari target hanya 149 akseptor, MOW 49 akseptor dari 49 akseptor yang ditargetkan. Kemudian MOP baru tercapai tiga apsektor dari target 19 akseptor, penggunaan kondom mencapai 716 dari target 419 akseptor.

Selanjutnya penggunaan implant 906 yang ditargetkan saat ini sudah tercapai sebanyak 928 akseptor, KB suntik sebanyak 3.456 akseptor dari target 3.898 akseptor dan penggunaan pil KB sudah tercapai sebanyak 2.168 akseptor dari target 2.415 akseptor.

Jumlah peserta KB baru yang tersebar dalam 156 desa/kelurahan dalam 15 kecamatan di Rejanglebong diperkirakan dalam waktu dekat sudah terpenuhi bahkan melebihi target yang ditentukan pada tahun ini.

"Jumlah ini akan terus bertambah, karena datanya setiap bulan terus bertambah terutama pelayanan KB gratis yang digelar setiap kali kegiatan bhakti sosial, serta mulai meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mengikuti program KB," ujarnya.

Untuk meningkatkan jumlah peserta KB baru dan mengurangi angka kegagalan dalam program KB di daerah itu, kata dia, pihaknya terus melakukan penyuluhan tentang metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) melalui penggunaan tujuh macam alat kontrasepsi.

Kegiatan penyuluhan dan pelayanan pemasangan alat KB kepada warga ini mereka laksanakan pada kegiatan bhakti sosial yang digelar Pemkab Rejanglebong dan dharma wanita, TNI/Polri serta pelayanan yang dilakukan petugas KB dilapangan maupun melalui mobil KB keliling. ***4***

Pewarta: Boyke LW

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015