Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun 2024 menyiapkan dana sebesar Rp200 juta untuk membantu pembangunan Gedung Dakwah Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Mukomuko.

Kabag Kesra Sekretariat Pemerintah Kabupaten Mukomuko Amri Kurniadi di Mukomuko, Sabtu, mengatakan bahwa pembangunan Gedung Dakwah PDM di sebelah masjid Muhammadiyah di Kelurahan Bandar Ratu, Kecamatan Kota Mukomuko. 

"Pemda memberikan bantuan hibah dana atau uang tunai kepada PDM untuk membangun Gedung Dakwah PDM, dan hibah dana itu juga bisa digunakan untuk membangun tempat ibadah dan pesantren," ujarnya.
 
Ia menjelaskan bantuan hibah dana untuk pembangunan Gedung Dakwah PDM ini sama kegiatan Badan Kesbangpol Mukomuko memberikan bantuan hibah dana untuk partai politik yang memiliki keterwakilan di lembaga DPRD Mukomuko.
 
Ia menyatakan meskipun Pemda memberikan bantuan hibah dana untuk pembangunan Gedung Dakwah PDM Mukomuko, namun laporan terkait pembangunannya tetap dan terus disampaikan kepada pemerintah daerah setempat.
 
Ia mengatakan bantuan hibah dana dari Pemda itu bukan untuk membangun Gedung Dakwah PDM Mukomuko sesuai dengan rencana anggaran biaya (RAB) dari PDM.
 
"Misalkan, dalam RAB pembangunan Gedung Dakwah sebesar Rp500 juta, mungkin setengahnya untuk pembangunannya berasal dari Pemerintah Daerah," ujarnya.
 
Ia mengatakan, terkait dengan teknis kegiatan pembangunan Gedung Dakwah PDM Mukomuko, pihak PDM dapat berkoordinasi dengan instansi teknis dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Mukomuko.
 
Terkait dengan persiapan dari pemerintah daerah menyiapkan dana untuk pembangunan Gedung Dakwah PDM Mukomuko sudah sejak tahun 2023 baik persiapan administrasi maupun lokasi pembangunannya.
 
"Kami sudah menyiapkan administrasinya, melakukan survei lokasi dan memasukkan usulan hibah dana dalam kebijakan umum anggaran (KUA) dan prioritas plafon anggaran sementara (PPAS)," demikian Amri Kurniadi.*

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024