Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menurunkan petugas untuk mengecek kondisi jalan poros penghubung desa di Kecamatan Malin Deman setelah longsor terjadi di wilayah tersebut sejak beberapa hari yang lalu.

"Kami akan mengeceknya untuk memastikan dampak longsor terhadap jalan poros di wilayah tersebut," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Mukomuko Ruli Irwandi di Mukomuko, Senin.
Hujan intensitas tinggi yang terjadi di wilayah Kecamatan Malin Deman sejak Jumat malam  hingga Sabtu pagi telah menyebabkan tanah longsor yang mengancam jalan poros penghubung desa di wilayah tersebut.

Baca juga: Hujan deras sebabkan longsor di Malin Deman Mukomuko

Ia mengatakan, dalam kejadian longsor ini, instansinya sebatas memeriksa dan memantau lokasi dan dampak dari kejadian itu, selanjutnya instansi teknis yang melakukan penghitungan.

Hasil dari pengecekan itu, katanya, akan dikoordinasikan dengan instansi teknis dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan ruang yang melakukan kajian dan penghitungan anggaran pembangunan di lokasi tersebut.

 
"Nanti ada tim teknis tersendiri dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan ruang yang melakukan kajian sekaligus menghitung kebutuhan anggaran untuk pembangunan di lokasi tersebut," ujarnya pula.

Baca juga: Disdikbud Mukomuko sosialisasikan pengetahuan bencana di sekolah
 
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mukomuko Apriansyah mengatakan instansinya baru sebatas menerima laporan terkait kejadian longsor di Desa Gajah Makmur tersebut melalui via Whattsap dari kepala desa di wilayah tersebut.
 
Ia mengatakan, pihaknya belum tahu ruas jalan yang mana di Desa Gajah Makmur, Kecamatan Malin Deman yang terancam putus akibat longsor yang melanda wilayah itu.
 
"Seharusnya kades menyampaikan laporan secara tertulis terkait kejadian longsor tersebut supaya dinas dapat menindaklanjutinya," ujarnya.
 
Sementara itu, pihak kepolisian telah memasang garis polisi dan rambu-rambu peringatan dekat ruas jalan itu untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan tunggal di jalan tersebut.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024