Bengkulu (Antara) - Dua jenis bunga rafflesia yakni arnoldii dan bengkuluensis ditemukan mekar di kawasan hutan sekitar Desa Manau Sembilan Kecamatan Padang Guci, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu.

"Selama ini kami menemukan jenis bengkuluensis, tapi yang mekar hari ini (Kamis) jenis arnoldii," kata Ketua Komunitas Pemuda Padang Guci Peduli Puspa Langka (KPPGPPL)Kabupaten Kaur, Noprianto saat dihubungi dari Bengkulu, Kamis.

Ia mengatakan sekuntum bunga rafflesia arnoldii tengah mekar sempurna di kawasan hutan tepi Sungai Tanah Abang di sekitar Desa Manau Sembilan itu.

Lokasi bunga mekar di Kabupaten Kaur tersebut dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua dan empat selama lima jam dari Kota Bengkulu.

Bunga langka itu sudah diamankan warga dengan membuat pagar pengaman sehingga tidak dirusak satwa atau tangan jahil manusia.

"Kami sudah mengukur diameternya mencapai 55 centimeter,"ujarnya.

Rafflesia mekar itu menurut Noprianto masih dapat dinikmati hingga tiga hari ke depan.

Untuk menarik pengunjung ke lokasi tersebut, anggota komunitas memajang foto bunga rafflesia di akun media sosial mereka.

Menurut Noprianto, selain sekuntum bunga yang mekar sempurna, di lokasi itu juga terdapat tiga bonggol atau calon bunga rafflesia.

Sementara Koordinator Peduli Puspa Langka Bengkulu, Sofian Ramadhan mengatakan ada empat jenis rafflesia yang tumbuh di hutan Bengkulu.

"Selain arnoldii dan bengkuluensis ada juga jenis gadutensis dan hasselti," katanya.

Secara umum menurut Sofian, ancaman terhadap kelestarian flora langka tersebut adalah perambahan hutan yang menjadi habitatnya.***3***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015